Otoritas Rusia Terpaksa ‘Mutilasi’ A321 Ural Airlines yang Lakukan Hard Landing di Ladang Jagung

0
Sumber: TASS

Anda masih ingat dengan Ural Airlines yang pada pertengahan Agustus kemarin terpaksa melakukan pendaratan darurat di ladang jagung pasca diterjang bird strike? Nah, kini pemberitaan terbaru terkait insiden tersebut mengatakan bahwa pesawat tersebut sudah berhasil dievakuasi dari ladang jagung yang terletak di daerah Moskow, Rusia. Namun, mungkin sebagian dari Anda bertanya-tanya, “bagaimana cara memindahkan sebuah pesawat yang terdampar di ladang jagung?”

Baca Juga: Mesin Dihantam Bird Strike, Airbus A321 Ural Airlines Hard Landing di Ladang Jagung

Tentu saja ini bukanlah pekerjaan yang mudah untuk dilakukan, mengingat untuk memindahkan mobil dari ladang jagung saja dibutuhkan effort yang besar. Untuk menjawab pertanyaan tadi, KabarPenumpang.com mengutip dari laman crimerussia.com (25/8/2019), dimana proses evakuasi pesawat berjenis Airbus A321 ini dilakukan dengan cara membelah pesawat menjadi beberapa bagian guna memudahkannya.

Menurut kantor berita kenamaan asal Negeri Beruang Merah, TASS, Airbus A321 Ural Airlines dengan nomor penerbangan U6178 ini sudah berhasil dievakuasi dan tidak dioperasikan kembali oleh pihak maskapai.

“Proses evakuasi sudah selesai yang ditandai dengan dikeluarkannya bagian kabin dari area ladang jagung tersebut,” ungkap pihak TASS.

“Kabin merupakan bagian terakhir dari U6178 yang dikeluarkan dari area ladang,” lanjutnya.

Kendati sudah tidak akan beroperasi kembali, namun puing-puing pesawat ini tidak akan dipajang di museum atau dijadikan cinderamata, mengingat status pesawat ini adalah pesawat sewaan, “dan berada di bawah kendali pabean,” terang salah satu teknisi dari Ural Airlines.

Sebelumnya, Airbus A321 milik maskapai Ural Airlines dengan nomor penerbangan U6178 sejatinya akan mengudara dari Moskow menuju Simferopol di Krimea pada Kamis (15/8/2019) lalu. Semuanya berjalan sesuai SOP sampai tak berselang lama setelah tinggal landas, pesawat yang tengah mengangkut 226 penumpang ini diterpa bird strike.

Baca Juga: Dihantam Bird Strike, Hidung Airbus A380 Singapore Airlines Berlumuran Darah

Sontak mesin mengalami kerusakan dan tidak mungkin untuk melanjutkan penerbangannya. Dengan cepat, pilot berupaya untuk melakukan pendaratan darurat – alih-alih pesawat mengalami kecelakaan dan menewaskan keseluruhan penumpang dan awak yang ada di dalam penerbangan tersebut.

Dilaporkan, ada 76 penumpang yang mengalami cidera pasca hard landing di ladang jagung. Kendati begitu, beruntung tidak ada korban jiwa dibalik insiden ini.

Pasca kejadian ini juga, sang pilot dianugerahi penghargaan “Heroes of Russia” karena telah secara profesional menyelamatkan nyawa ratusan penumpang.

 

 

Leave a Reply