Palyja Rencanakan Pasang Drinking Fountain di 3 Stasiun Besar MRT Jakarta

Drinking fountain di Museum Nasional (Tribun)

Keran air minum gratis atau drinking fountain mungkin banyak sekali ditemukan baik bandara, stasiun atau tempat wisata luar negeri. Kehadiran keran air siap minum ini, selain untuk memudahkan juga membuat hemat pengunjung untuk tidak mengeluarkan uang lebih hanya untuk membeli air minum kemasan.

Baca juga: Kurangi Sampah Plastik, London Hadirkan Keran Air Siap Minum Gratis Untuk Penumpang

Di Indonesia sendiri sebenarnya pernah ada di Taman Margasatwa Ragunan, namun menjadi tak layak karena ulah pengunjung yang tak mengerti kegunaannya. Ternyata PT PAM Lyonnaise Jaya (PALYJA) berencana untuk memasang keran air siap minum ini di tiga stasiun besar milik Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta.

Rencananya tiga stasiun besar itu adalah Stasiun Lebak Bulus, Blok M dan Dukuh Atas. Dilansir KabarPenumpang.com dari laman palyja.co.id (7/11/2018), Corporate Communications and Social Responsibilities Division Head PT PALYJA, Lydia Astriningworo, mengatakan terkait hal ini pihaknya masih akan membahas lebih lanjut dengan pihak MRT Jakarta.

“Itu masih kita bicarakan. Ini juga nanti kita lihat lagi,” kata Lydia.

Saat ini diketahui, keran air siap minum ini baru tersedia di dua lokasi yakni sekolah Al-Azhar dan Museum Nasional. Di Museum Nasional menjadi lokasi kedua yang diresmikan dari tujuh lokasi yang akan dihadirkan keran air siap minum ini.

Sedangkan Lydia mengatakan, setelah Al-Azhar dan Museum Nasional, Palyja akan memasang di Sekolah Muslimah Dhuafa Khadijah di Lebak Bulus, Jakarta Selatan dan SDN 03-04 Penjaringan, Jakarta Utara.

“Yang sudah terpasang tapi belum diresmikan di sekolah Dhuafa Khadijah. Yang lagi kita tunggu izinnya SDN 03-04 penjaringan. Lalu akan ada di Istiqlal,” kata dia.

Pembangunan keran air siap minum ini bertujuan untuk menyediakan air siap minum yang higienis bagi masyarakat dan diharapkan dapat melengkapi fasilitas pendukung dari segi akses air minum sehat dan bersih. Presiden Direktur PT PALYJA, Robert Rerimassi, mengatakan akan memastikan kualitas air yang disediakan layak minum, higienis, dan lolos uji kesehatan.

Baca juga: Agar Aman Menggunakan Keran Air Siap Minum, Perhatikan Tips Berikut Ini!

“Jadi kita kasih perhatian khusus ya. Tapi kita punya air diseluruh titik kan juga sudah di tes kesehatannya, ada monitoringnya, airnya berstandar air minum,” kata Robert.

Kegiatan ini merupakan salah satu dari empat fokus aktifitas Corporate Social Responsibilities (CSR) PALYJA, yakni Kesehatan dan Pendidikan, Bantuan Kemanusiaan, Pelestarian Lingkungan Hidup dan Air Untuk Semua.