Panasonic Ciptakan ‘Vacuum Cleaner’ untuk Sedot AirPods yang Jatuh di Rel

0
Foto: JR East/JiJi Press

Orang Jepang gemar mendengarkan musik lewat AirPods, dan karena favoritnya penggunaan earphone wireless tersebut, lumayan banyak kasus AirPods yang hilang atau terjatuh saat digunakan di kereta komuter. Hanya dalam tiga bulan antara Juli hingga September 2020, dilaporkan penumpang komuter telah menjatuhkan lebih dari 950 pasang AirPod di 78 jalur stasiun kereta di wilayah Tokyo.

Baca juga: Rentan Hilang, Ada Baiknya Pertimbangkan Kembali Penggunaan AirPods Saat Naik Komuter!

Kabarnya, AirPods merupakan seperempat dari semua barang yang jatuh dari kereta komuter. Masifnya kejadian tersebut nyatanya telah membuat repot East Japan Railway Co (JR East), pasalnya para pekerja JR East harus menggunakan alat penjepit untuk mengambil AirPods, sebuah tugas yang sangat membosankan, lantaran AirPods berupa gadget kecil sering kali terjebak di antara kerikil pada bantalan rel.

Dikutip dari engadget.com (6/11/2020), disebutkan kini sudah ada solusi untuk mengambil AirPods yang terjatuh pada rel. Persisnya JR East telah bermitra dengan Panasonic dalam menghadirkan jenis alat berupa vacuum cleaner untuk menyedot AirPods dan earbuds lain yang terjatuh di rel saat proses keluar masuk penumpang ke kereta.

Pengujian awal di Stasiun Ikebukuro Tokyo menunjukkan bahwa penyedot debu Panasonic dapat mengumpulkan earphone kecil jauh lebih cepat daripada alat pengambil mekanis, alat penyedot ini dapat bekerja lebih baik pada barang yang lebih besar seperti smartphone atau tas tangan.

Menurut data dari Counterpoint Research yang dilaporkan oleh Bloomberg, Apple menjual lebih dari 60 juta AirPods pada 2019 dan diperkirakan menjual 82 juta lebih AirPods pada 2020. Lantaran praktis dan efektif, Kemungkinan vakum besutan Panasonic akan diminati di negara lain, karena pengambilan AirPod tidak hanya terjadi pada perusahaan kereta api di Jepang.

Baca juga: Hilangkan Kepenatan Karena Pandemi, Kereta Komuter Seoul Hadirkan Festival Film Kereta Bawah Tanah Internasional

Selain di Jepang, laporan AirPods yang terjatuh di kereta komuter juga terjadi di Amerika Serikat. Salah satu wilayah yang kerap kehilangan AirPods adalah di San Francisco Bay Area, sebelah utara California. Padahal, papan peringatan untuk tidak memakai AirPods sudah banyak dipasang guna mencegah si empunya kehilangan barang yang cukup berharga ini – terutama di dekat kereta atau di sekitaran area kereta bawah tanah.