Panasonic SPACe_C, Konsep Moda Otonom dengan Struktur Bertingkat

Sumber: newatlas.com

Ajang Consumer Electronics Show (CES) yang diadakan sejak 8 Januari hingga 11 Januari 2019 di Las Vegas memang terbukti sebagai perhelatan yang mampu ‘menetaskan’ sejumlah ide kreatif di berbagai sektor – termasuk transportasi. Belum lagi dewasa ini tengah marak pembahasan tentang moda otonom yang diperkirakan bakal mengambil alih jalanan di masa depan. Seperti halnya Panasonic yang meluncurkan konsep SPACe_C, sebuah kendaraan fully autonomous tanpa ruang kendali.

Baca Juga: City of Bryan Siap Rilis Moda Otonom Bertenaga Listrik Pada Pertengahan Oktober Mendatang!

Seperti yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman newatlas.com (11/1/2019), SPACe_C merupakan sebuah moda dengan single drivetrain yang mampu beroperasi tanpa input dari pengemudi. Moda berukuran 3,85m x 1,68m dengan tinggi 1.95m ini memiliki ruang kabin yang cukup luas untuk mengangkut penumpang dalam jumlah yang cukup banyak.

Adapun ide dari konsep SPACe_C milik Panasonic ini awalnya ditujukan sebagai truk pengangkut makanan, ruang pertemuan yang dapat bergerak, moda antar-jemput kargo, toko ritel pop-up, hingga ruang presentasi. Kendaraan semacam ini dipercaya perusahaan mampu mendobrak pangsa pasar di masa yang akan datang – dimana mobilitas akan meningkat berkali lipat seiring dengan pertumbuhan manusia dan perkembangan teknologi.

Tanpa sistem kendali dan transmisi mekanis yang kompleks, SPACe_C siap untuk mengantarkan penumpang atau kargo sesuai tujuan dengan bantuan dari aplikasi dan teknologi yang tersemat di dalam kendaraan tersebut.

SPACe_C sendiri terbagi ke dalam dua platform, yaitu struktur atas dan bawah. Struktur bawah terdiri dari roda, mesin, dan segala hal lainnya yang berkaitan dengan mobilitas kendaraan, sementara struktur atas merupakan kabin penumpang atau kargo. Jika ditujukan untuk mengangkut penumpang, maka struktur atas akan menggunakan kabin khusus penumpang, lain cerita jika hendak mengangkut kargo, struktur atasnya pun akan diganti.

Baca Juga: Volvo 360c, Moda Otonom Bertenaga Listrik yang Punya Empat Desain Interior

Panasonic Corporation mengembangkan platform ePowertrain 48V untuk Electric Vehicle (EV) berukuran kecil yang dapat memenuhi permintaan pasar global akan EV, dan memperkenalkannya di CES 2018. Platform yang dikembangkan Panasonic adalah powertrain hemat energi dan aman yang memiliki fitur kekompakan terintegrasi, efisiensi tinggi, dan skalabilitas fleksibel. Platform ini akan membantu mengurangi biaya dan waktu pengembangan kendaraan dengan meningkatkan atau menurunkan kombinasi unit dasar sesuai dengan spesifikasi kendaraan seperti ukuran, kecepatan dan torsi.