Parfum dan Aerosol, Jadi Barang Favorit Para Pencuri Bagasi di Bandara

0
(jacarnda.com)

Kabar tentang pencurian isi pada bagasi di bandara sudah lazim kita dengar, namun tahukah Anda, jenis barang apa yang favorit digondol sang pencuri tersebut? Belum lama ini sepuluh orang petugas keamanan dari perusahaan keamanan yang dikontrak harus menelan pil pahit, yakni dipecat. Pemecatan terjadi karena sepuluh petugas ini melakukan tindakan pencurian barang di bagasi penumpang dan menjualnya kembali.

Baca juga: Cepat Temukan dan Cegah Pencurian Bagasi, Universitas di India Hadirkan Solusi di Ban Berjalan

KabarPenumpang.com melansir laman jacarandafm.com (18/12/2019), petugas keamanan menemukan barang curian di bagasi penumpang di Bandara Internasional OR Tambo, Afrika Selatan. Barang curiannya pun berupa parfum dan aerosol lainnya.

Juru bicara Bandara OR Tambo, Betty Maloka mengatakan, pemecatan ini dilakukan setelah pihaknya melihat adanya lonjakan kerusakan bagasi sejak awal musim liburan.

“Keberhasilan yang kami miliki termasuk sejumlah penangkapan untuk sekitar sepuluh orang yang ditangkap dan beberapa izin mereka telah disita sambil menunggu tindakan disipliner. Dari Agustus kita telah melihat lonjakan perusakan bagasi. Salah satu item yang telah kami identifikasi adalah parfum sebagai salah satu item yang memiliki statistik tinggi dalam hal hal-hal lain yang hilang dari barang-barang penumpang,” ujar Betty.

Pengambilan barang-barang kecil tersebut dikatakan Betty karena lebih mudah dikeluarkan dari tas penumpang. Selain itu barang-barang seperti parfum lebih mudah dijual kembali di pasar gelap.

“Kami tidak benar-benar tahu alasannya, tetapi saya pikir parfum adalah jenis barang-barang yang dianggap mahal atau jenis barang cepat yang dapat Anda ambil dan masukkan ke dalam saku Anda. Itu adalah hal-hal cepat yang bisa dijual orang, apakah digunakan atau tidak digunakan,” jelas Betty.

Karena hal ini, kemudian sistem kemanan Bandara OR Tambo ditingkatkan. Box pembawa bagasi dan kendaraan lain pun mengalami pemberhentian dan pemeriksaan acak untuk meminimalisir risiko keamanan yang muncul.

Baca juga: Bandara Manchester Hadirkan Layanan Pengambilan Barang Bawaan Penumpang dari Rumah

“Langkah ketat telah kami lakukan untuk memastikan bahwa para petugas dapat bekerja dengan profesional, mereka tidak boleh keluar area kerja dengan apa pun barang yang bukan milik mereka,” kata Betty.

Leave a Reply