Pelabuhan Batam Center, Pintu Masuk Utama Pebisnis dan Wisatawan Asing

0
singindo.com

Batam Center, salah satu pelabuhan penyeberangan internasional yang ada di kota Batam, Kepualauan Riau. Pelabuhan ini, letaknya di pantai utara pulau Batam yang menghubungkan kota Batam dengan pelabuhan Harbour Front di Singapura dan Stulang Laut serta Pasir Gudang di Johor Baru, Malaysia.

Tempat ini, sekarang paling sering dikunjungi wisatawan maupun pebisnis karena menjadi pintu utama masuk ke Batam dari negara lain. Pelabuhan yang dibangun 17 tahun lalu ini sempat berhenti pengerjaannya dan kembali dikerjakan oleh PT Synergy Tharada atas kerjasama dengan Otorita Batam di tahun 2002. Sepanjang berdirinya, pelabuhan Batam Center ini, dibuat pengembangan dan inovasi baru oleh PT Synergy Tharada untuk meningkatkan pelayanan, keamanan dan kenyamanan wisatawan atau pebisnis asal negara lain.

Adapun pengembangaan baru yang dibuat oleh PT Sinergy Tharada untuk kenyamanan penumpang seperti penambahan tempat bersandar kapal, menyediakan kapal patroli yang bisa digunakan juga untuk SAR, memperluas ruang tunggu kedatangan dan keberangkatan. Tak hanya itu, di pelabuhan Batam Center ini juga di pasang CCTV di seluruh arealnya.

beritatrans.com
beritatrans.com

Sebagai salah satu pelabuhan internasional terbesar di pulau Batam, pelabuhan Batam Center menjadi pelabuhan pertama yang memberikan manifest secara online dan real time kepelabuhan tujuan dan lainnya. Melihat kinerja PT Synergy Tharada membangun pelabuhan Batam Center menjadi lebih baik, pemerintah kemudian menempatkan berbagai macam fasilitas seperti Auto Gate Immigration Clearance, SARS Detector dan Alat pendeteksi narkoba dari BNN.

Letak pelabuhan ini, juga dekat dengan pusat perbelanjaan, penginapan dari bintang satu sampai bintang lima, tempat rekreasi dan lainnya. pelabuhan Batam Center ini juga sudah dilengkapi areal parkir yang luas, namun bila menjelang libur panjang tetap saja areal parkir masih tidak cukup bagi wisatawan lokal memarkir kendaraan mereka dan menginapkannya.

Pelabuhan yang memiliki tiga lantai ini setiap menjelang liburan baik lebaran ataupun akhir tahun selalu di penuhi oleh wisatawan, baik wisatawan domestik ataupun mancanegara. Biasanya wisatawan domestik yang mengunjungi pelabuhan ini untuk menyeberang ke Singapura dan Malaysia. Selain itu, juga untuk menikmati sensasi kapal ferry yang ada di pelabuhan ini.

Di pelabuhan internasional ini, melayani dua macam kapal ferry yang beroperasi dari pukul 06.00 sampai 21.00 WIB. Keberangkatannya pun hampir setiap jam baik yang menuju Singapura maupun Johor, Malaysia. Dua macam kapal ferry tersebut yakni Batam Fast dan Penguin. Namun, Anda jangan berpikir bahwa kapal ferry yang ada di pelabuhan Batam Center bisa mengangkut kendaraan. Karena kapal ferry yang ada di Batam Center yakni Batam Fast dan Penguin hanya mampu mengangkut penumpang manusia dan barang bawaannya.

Leave a Reply