Pelayanan Rumah Makan Minang dan Karakter Penumpang, Jadi Sebab Bus AKAP Lintas Sumatera Tak Sediakan Makan

0
PO SAN

Pernah naik bus antar kota antar provinsi (AKAP)? Apa yang Anda dapatkan selain kenyamanan di dalam bus selama perjalanan? Salah satunya bila menggunakan bus AKAP sering ada bar kecil, di mana penumpang bisa membuat kopi atau mengisi tempat minum mereka.

Baca juga: Pemberian Kupon Makan oleh PO Bus, Bagaimana di Bulan Ramadhan?

Selain itu ada lagi yakni servis atau pelayanan makan ketika bus beristirahat di restoran yang sudah ditentukan. Hal ini karena perusahaan otobus atau PO bekerja sama dengan restoran tersebut. Sehingga penumpang tidak kelaparan ketika akan melanjutkan perjalanan.

Bus AKAP MPM sempat sediakan makan penumpang selama Februati tahun lalu

Bahkan para pengusaha PO berlomba-lomba menyediakan fasilitas makan gratis dengan tarif harga yang bersaing. Nah biasanya pelayanan makan ini sudah termasuk dalam harga tiket bus.

Namun tahukah Anda bahwa pelayanan makan ini hanya ada di bus AKAP di Pulau Jawa saja? Penasaran mengapa? KabarPenumpang.com mengutip dari kompas.com bahwa bus AKAP yang mengangkut penumpang Lintas Sumatera tidak mendapatkan pelayanan makan karena berbeda dibandingakn Pulau Jawa.

Di mana para penumpang harus membayar makanan mereka sendiri ketika bus berhenti untuk isitrahat di rumah makan. Direktur Utama PO SAN Kurnia Lesani Adnan mengatakan, bahwa pelayanan rumah makannya adalah rumah makan minang sehingga akan sulit bila dilakukan pola prasmanan.

Bahkan bukan hanya itu, ini karena karakter dari penumpang bus AKAP Lintas Sumatera berbeda dibandingkan di Pulau Jawa.

“Kalau di Jawa kan servisnya dijatah. Sedangkan di Sumatera, biasanya penumpang suka milih lauknya,” ucap Asrul Arifin Siregar Anggota Forum Bismania Indonesia.

Selain itu, perlu diperhatikan kalau harga makanan di restoran saat di Sumatera agak lebih mahal. Jika ingin berhemat, bisa mencari alternatif lain seperti warung-warung di sekitar rumah makan saat bus beristirahat.

Namun ternyata salah satu PO yakni PO Mutia Putri Mulia (MPM) yang berkantor cabang di Padang, Sumatera Barat sempat memberikan promo tambahan pada tahun 2020 lalu yakni memfasilitasi makan gratis selamam bulan Februari tahun lalu. Saat itu seluruh penumpang bus MPM yang berangkat dari Lubuk Basung-Sungai Limau-Pariaman-Pauh Kamba-Padang-Solok, kemudian Payakumbuh-Bukittinggi-Padang Panjang-Batusangkar-Solok akan mendapat nasi bungkus gratis saat tiba di Terminal Bareh Solok.

Baca juga: Inilah Rumah Makan Favorit Khas Bus AKAP di Sepanjang Pantura

Selain itu, untuk rute sebaliknya, pemberangkatan dari Bandung-Sadang-Klari-Bekasi-Jati Asih-Pulo Gebang, kemudian Bogor-Depok-Kp Rambutan-Lebak Bulus-Kalideres-Poris, saat tiba di Merak, seluruh penumpang akan mendapat Makan Prasmanan gratis di Rumah Makan Darma Raya.

Leave a Reply