Pemerintah Australia Punya Aturan Baru Untuk Keselamatan Penumpang Kapal

0

Pemerintah Australia kini membuat aturan keselamatan penumpang yang baru untuk kapal komersialnya. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan keselamat penumpang di kapal komersial Negeri Kangguru tersebut. Langkah-langkah pada aturan terbaru ini baru saja diumumkan oleh Pemerintah Australia.

Baca juga: Masalah Manifes, Bukti Carut Marutnya Layanan Pelayaran di Tanah Air

Wakil Perdana Menteri Australia yang juga menjabat sebagai Menteri Infrastruktur, Transportasi dan Pembangunan Regional Michael McCormack mengatakan, adanya perubahan aturan tersebut juga untuk memperkuat persyaratan dalam memastikan keselamatan penumpang. Sehingga kapal komersial bisa mempertanggung jawabkan penumpang mereka selama dalam perjalanan di lautan.

McCormack mengatakan, perubahan ini mengacu pada pendekatan holistik untuk keselamatan penumpang. Dilansir KabarPenumpang.com dari laman sumber miragenews.com (28/2/020), selain itu mereka juga mengikuti konsultasi industri dan publik yang luas untuk menangani kompleksitas. Pertimbangan yang cermat dari beragam kebutuhan sektor kapal komersial Australia juga menjadi salah satunya.

“Kami telah dengan jelas menetapkan tanggung jawab bagi operator untuk memiliki prosedur yang efektif dalam memantau penumpang dan memiliki bukti tentang keselamatan serta prosedur darurat mereka untuk penumpang yang hilang dan tercatat dalam Sistem Manajemen Keselamatan mereka,” jelas McCormack.

Hal ini kemudian akan memastikan regulator, otoritas keselamatan maritim Australia (AMSA) agar bisa memverifikasi kepatuhan mereka terhadap aturan baru tersebut. Dengan itu, berdasarkan umpan balik industri, maka perubahan ini akan memungkinkan operator untuk menggunakan sistem teknologi keselamatan terbaik dalam operasional masing-masing.

Baca juga: Inilah Serangkaian Faktor yang Menjadi Penyebab Tabrakan kapal di Laut

Kemudian penghitungan on atau off, gelang elektronik, pemantauan CCTV atau alat lainnya juga akan digunakan untuk memastikan kru kapal agar dapat menanggapi insiden keselamatan penumpang secepat mungkin. Langkah selanjutnya yang terdapat dalam aturan baru adalah edukatif, yakni membantu pemilik dan operator di industri untuk mematuhi aturan yang akan mulai berlaku pada 31 Mei 2020 mendatang.

Leave a Reply