Pemindai 3D Network Rail Tampilkan Hasil Impresif Untuk Pembangunan Jalur Kereta

0
Sumber: scotsman.com

Lagi dan lagi, perkembangan teknologi turut berperan serta dalam memudahkan kehidupan manusia di era milenial ini – kini ada teknologi 3 Dimensi (3D) yang membantu survei perkeretaapian penumpang di Skotlandia untuk generasi selanjutnya. Sebut saja mengukur lebar terowongan, lebar jembatan, hingga tinggi platform merupakan contoh pekerjaan yang dilakukan dengan menggunakan citraan 3D milik otoritas perkeretaapian Inggris, Network Rail.

Baca Juga: Pemindai Generasi Baru Siap Deteksi Laptop di dalam Tas

Sebagaimana yang dikutip KabarPenumpang.com dari laman scotsman.com (6/9/2018), ini merupakan kali pertama bagi Network Rail dalam menggunakan program citraan 3D untuk secara tepat memetakan infrastruktur kereta api di Skotlandia menjelang kedatangan kereta api terbarunya – LNER Azumas, kelas 365 dan kelas 385.

Adalah sistem Trimble GEDOScan yang dioperasikan oleh tim Network Rail of Absolute Geometry (ATG) Engineer yang dikerahkan untuk mengumpulkan informasi terperinci soal track dan fitur pelengkap jalur kereta lainnya, seperti terowongan, jembatan, parapet, dan platform atau peron. Resolusiyang dihasilkan oleh sistem in pun tidaklah apa adanya – melainkan high definition.

Adapun data yang berhasil dikumpulkan oleh sistem ini nantinyadigunakan untuk penilaian izin lintasan pada struktur dan terowongan. Sejak April 2018 kemarin, sistem pemindaian semacam ini sudah mulai diperkenalkan ke publik, dengan hasil uji coba pemindai memiliki tingkat akurasi kurang dari 5mm – relatif. Tidak heran juga jika data yang dikumpulkan oleh sistem pemindai 3D ini tergolong lebih cepat dan tepat ketimbang dilakukan secara manual.

“Pemindaian 3D menyajikan lebih banyak informasi dan lebih rinci dalam rentang waktu yang relatif lebih singkat – dimana ini akan mengurangi kebutuhan SDM di lapangan. Tentu dengan hadirnya sistem pemindai ini membuat para pekerja di lapangan lebih aman dan efisien,” ungkap seorang insinyur geometri jalur mutlak dari Network Rail di Skotlandia, Graham Hutchison.

Baca Juga: Akuarium Virtual Pemindai Wajah Sapa Calon Penumpang di Bandara Dubai

“Sistem pemindai semacam ini sangat cocok untuk survei di dalam terowongan, di mana konstruksi yang tidak teratur dapat menyulitkan para insinyur untuk menemukan titik-titik penyangga utama. Proses pemindaian ini memakan waktu kerja satu per lima lebih cepat dari metode manual yang kami gunakan sebelumnya,” tandas Graham.

Leave a Reply