Penumpang British Airways Melihat Drone di Ketinggian 30 Ribu Kaki, Fakta atau Halusinasi?

0
Sumber: deviantart.com

Seorang penumpang British Airways membeberkan sebuah fakta yang mencengangkan dimana ia bersaksi melihat sebuah drone di ketinggian 30.000 kaki (9.114 meter). Tentu saja pernyataan penumpang ini menggemparkan jagad aviasi Inggris, mengingat ada aturan khusus terkait penggunaan drone oleh warga sipil. Menurut penuturan si penumpang, ia melihat pesawat nirawak ini ketika pesawat yang ia tumpangi hendak mendarat di Bandara Heathrow.

Baca Juga: Ternyata Drone Dilarang di Negara-Negara Ini

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman dailymail.co.uk (20/12), adalah Sarah Baker, seorang penumpang yang tengah mengudara dari Tokyo menuju London Heathrow yang membuat kesaksian tersebut. Menurut pengakuan Sarah, ia melihat sebuah drone berada di ketinggian sekitar 30.000 kaki, kurang lebih 30 menit sebelum pesawat yang ditumpanginya mendarat pada tanggal 29 November 2019 kemarin.

Sarah dengan yakin mengatakan bahwa yang dilihatnya tersebut adalah sebuah drone berwarna biru dan memiliki empat kaki. Padahal, jika merujuk pada regulasi yang berlaku di Tanah Britania, sebuah drone tidak boleh mengudara lebih dari ketinggian maksimum 1.640 kaki (500 meter). Hal ini ditujukan agar di pemilik drone tetap bisa memantau dan tidak mengganggu jalur penerbangan pesawat komersial.

“Saya yakin dengan apa yang saya lihat,” ujar Sarah.

“Itu sangat mengkhawatirkan,” sambungnya.

Ya, ia khawatir drone yang ia lihat tersebut berada terlalu dekat dengan mesin pesawat dan pada akhirnya terhisap mesin jet – sebuah skema yang sangat mengerikan jika hal ini benar-benar terjadi.

Setibanya di London, Sarah langsung menghubungi Otoritas Penerbangan Sipil dan melaporkan apa yang baru saja ia lihat. Namun alih-alih menanggapi keluhannya, Otoritas Penerbangan Sipil malah meminta Sarah untuk menghubungi pihak kepolisian.

Baca Juga: Drone Misterius Ganggu Penerbangan di Bandara Changi Singapura

Ketika dimintai keterangan terkait kasus Sarah ini, pihak Kepolisian Metropolitan mengatakan memang menerima laporan dari Sarah Baker tentang temuan drone di ketinggian 30.000 kaki di dekat Bandara Heathrow, namun mereka tidak menyelidikinya lebih lanjut dengan alasan satu dan lain hal.

Mungkin, pernyataan Sarah yang agak sedikit tidak masuk akal yang pada akhirnya membuat pihak Kepolisian Metropolitan tidak menindaklanjuti laporan tersebut.

Dalam jagad dunia drone, ada jenis drone yang mampu terbang di ketinggian sekitar 10 meter, yaitu drone di segmen HALE (High Altitude Long Endurance), umumnya jenis drone ini digunakan oleh kalangan militer dalam misi intai strategis. Namun, yang unik dari pernyataan Sarah adalah sosok drone yang dilihat mempunyai kaki empat yang mengindisikasn drone copter, sementara saat ini tidak ada drone copter yang mampu terbang di ketinggian tersebut.

Leave a Reply