Penutup Mesin Terlepas, Airbus A320 Frontier Flight 260 Terpaksa Return to Base

0

Bagi sebagian orang, duduk di samping kaca selama penerbangan merupakan hal yang menyenangkan – dimana mereka bisa melihat pemandangan spektakuler dari atas pesawat. Tapi tidak melulu duduk di samping kaca itu menyenangkan, pasalnya belum lama ini muncul sejumlah foto yang menunjukkan mesin jet Airbus A320 milik maskapai Frontier tercabik dan tersebar luas di dunia maya.

Baca Juga: [Video] Announcer Frontier Airlines Bawakan Panduan Keselamatan dengan Balutan Komedi

Sebagaimana yang dikutip KabarPenumpang.com dari laman thesun.ie (1/12/2018), kejadian ini sendiri terjadi pada Jumat (30/11/2018) kemarin pada penerbangan Frontier dari Las Vegas menuju Tampa. Ketika pesawat bertolak dari Bandara Internasional McCarran di Las Vegas, penerbangan tersebut masih tidak mengalami kendala, namun situasi 180 derajat terjadi manakala pesawat baru mengudara selama 10 menit.

Seorang penumpang yang duduk di dekat jendela melihat katup penutup mesin jet maskapai tersebut terbuka dan kepanikan di dalam kabin mulai terjadi tepat setelah si penumpang tersebut histeris melihat pemandangan yang belum pernah ia lihat sebelumnya.

“Saya sedang tidur dan terbangun karena ada banyak teriakan dari para penumpang,” ujar salah satu penumpang maskapai Frontier bernama Stella Ponce.

“Para penumpang tersebut berteriak agar pilot segera memberhentikan pesawat,” tandasnya.

Alhasil, maskapai Frontier Flight 260 tersebut terpaksa return to base menuju Bandara Internasional McCarran pada pukul 07.27 waktu setempat – hanya berselang 15 menit setelah pesawat tersebut mengudara. Beruntung, sebanyak 171 penumpang dan 6 awak kabin dalam penerbangan tersebut dinyatakan selamat tanpa mengalami luka-luka.

Menanggapi insiden ini, pihak Frontier Airlines menegaskan bahwa pilot telah mengikuti prosedur yang berlaku, “dan segera mengambil keputusan untuk return to base,” ujar pihak Frontier dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: Duh, Gara-Gara Satu Penumpang, Frontier Airlines Flight 87 Dibatalkan!

Selain itu, sebagai bentuk tanggung jawab terhadap para penumpangnya, pihak maskapai berbiaya rendah asal Negeri Paman Sam ini diketahui mengembalikan setiap tiket para penumpang (refund) dan memberikan kompensasi berupa voucher sebesar US$500 atau yang setara dengan Rp7,1 juta untuk pembelian tiket Frontier di masa yang akan datang.

Leave a Reply