Perilaku Penumpang MRT Jakarta: Umumnya Sudah Order Ojol Sebelum Tiba di Stasiun Tujuan

0
Ilustrasi (Istimewa)

Fasilitas yang disedikan MRT Jakarta, mulai dari wahana kereta sampai bagian dalam stasiun sudah berstandar internasional, bahkan disebut-sebut lebih baik dari beberapa negara di Asia. Namun, sayangnya sisi luar stasiun masih berbanding terbalik. Ketidaknyaman masih menjadi momok tersendiri, salah satu isu yang mengemuka adalah banyaknya para ojol (ojek online) yang ngetem di sekitaran area stasiun. Selain tak elok dipandang, kehadiran kerumunan ojol kerap menimbulkan kemacetan.

Baca juga: Kerap Jadi Biang Kemacetan, Driver Ojol Harus Lebih “Peka” Marka Lalu Lintas

William P. Sabandar, Direktur Utama PT MRT Jakarta dalam Forum Pemimpun Redaksi yang dihelat hari ini (5/3/2020) di Plataran Hutan Kota Senayan mengungkapkan, bahwa umumnya penumpang MRT Jakarta sudah memesan (order) ojol menjelang mereka tiba di stasiun tujuan. Dan diantara jeda waktu penumpang turun dari kereta dan keluar dari stasiun, biasanya para ojol sudah ngetem di sisi luar stasiun. Dan seperti bisa diduga, banyaknya ojol yang mencari atau menunggu penumpang menjadikan titik penumpukan pada sisi jalan raya.

Menyiasati kondisi di atas, William menyebut pihaknya telah berkoordinasi dengan provider ojol seperti GoJek dan Grab, dan dikatakan telah ditemukan kesepakatan untuk pengaturan lebih lanjut. “Lebih mudah untuk mengatur dan mengkoordinasikan ojol, lantaran kami bisa dibantu oleh provider, tapi sebaliknya lebih sulit untuk mengatur penumpang,” ujar William. PT MRT Jakarta telah merancang zona transit (transit plaza) atau tempat drop off dan pick up, namun kembali lagi, masih ada perilaku penumpang yang kadang belum disiplin dalam menunggu di zona yang ditentukan.

Rencana kedepan, zona transit akan diperluas, sehingga nantinya akan ada pola first come first serve untuk penumpang yang menggunakan jasa ojol. Zona transit tentu belum bisa disiapkkan di setiap stasiun, lantaran keterbatasan lahan, namun orang nomer satu di MRT Jakarta menyebut, stasiun MRT Lebak Bulus saat ini sudah menerapkan konsep transit plaza untuk mewadahi akses penumpang ojol.

Baca juga: Skybridge MRT Jakarta Hubungkan Poins Square dan Halte TransJakarta

Kolaborasi MRT Jakarta dan provider ojol terlihat sudah cukup serius, seperti telah diluncurkannya GoRide Instant. GoRide Instan adalah layanan dari GoJek untuk menerima order di area tertentu secara lebih cepat, karena pengemudi ojol dapat terhubung langsung dengan calom penumpang melalui kode khusus yang dimiliki penumpang.

Leave a Reply