Pesawat Garuda Indonesia Pakai Masker, Maskapai Ini Sudah Lebih Dulu Loh

0
Pesawat Airbus A330-900 Neo dengan livery bermasker. Foto: Istimewa

Garuda Indonesia resmi menyandang status sebagai maskapai pertama di Indonesia yang ‘memakaikan’ masker ke pesawat mereka. Kepastian itu didapat setelah Kamis (01/10) kemarin, maskapai nasional Indonesia itu merilis livery khusus menyerupai masker di bagian depan (hidung) pesawat Airbus A330-900 Neo.

Baca juga: Pesawat Pakai Masker Kini Jadi Kenyataan!

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, langkah tersebut diambil sebagai komitmen salah satu badan usaha milik negara untuk terus mendukung berbagai upaya yang dilaksanakan pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19, yang salah satunya dilakukan melalui kampanye gerakan “Ayo Pakai Masker”.

“Menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami menjadi maskapai penerbangan nasional pertama di Indonesia yang menampilkan livery khusus pesawat dengan masker. Hal ini juga sejalan dengan komitmen dan keseriusan kami dalam mengedepankan aspek keselamatan dan kenyamanan para penumpang di masa adaptasi kebiasaan baru – khususnya dalam memastikan bahwa seluruh protokol kesehatan terimplementasikan secara optimal dan konsisten pada semua lini operasional penerbangan,” jelasnya dalam sebuah rilis yang diterima KabarPenumpang.com.

Boeing 747-8 Cargolux Airlines pakai masker. Foto: straitstimes.com

“Kami menyadari bahwa upaya pencegahan penyebaran pandemi Covid-19 tentunya memerlukan dukungan penuh dan peran aktif berbagai pihak. Kiranya dengan dengan upaya yang kami lakukan tersebut dapat turut meningkatkan kesadaran masyarakat akan penerapan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya melalui penggunaan masker,” tambahnya.

Total pesawat yang akan menggunakan livery bermasker tersebut, lanjut Irfan, adalah sebanyak lima armada. Pesawat-pesawat bermasker Garuda Indonesia tesebut nantinya akan melayani rute penerbangan domestik maupun rute penerbangan internasional, termasuk antara lain destinasi penerbangan Singapura dan Jepang.

Pesawat United Airlines pakai masker. Foto: Twitter

Meskipun berhasil menjadi maskapai pertama di Indonesia yang armadanya memakai masker, Garuda Indonesia bukanlah yang pertama di dunia. Sebelumnya, beberapa maskapai di dunia telah lebih dahulu memakaikan masker ke pesawat-pesawat mereka.

Baca juga: Viral, Penumpang Pesawat Kesurupan Naik Ke Atas Kursi dan Teriak Sumpah Serapah

Pesawat Pobeda Airlines dengan livery masker di bagian hidung pesawat. Foto: Allplane

Pobeda Airlines (anak perusahaan Aeroflot, Rusia) dan United Airlines sudah lebih dahulu mengenakan masker di bagian hidung pesawat. Motif masker yang menempel di pesawat masing-masing juga tergolong berbeda. Pesawat United Airlines sejauh ini tertangkap kamera dilengkapi dengan ‘masker’ berwarna biru tua di bagian hidung pesawat saat sedang parkir di apron bandara. Belum sekalipun pesawat ‘bermasker’ itu kedapatan terbang.

Berbeda dengan United Airlines, Pobeda Airlines sudah berkali-kali kedapatan menerbangan pesawat ‘bermasker’ dengan motif abu-abu list biru itu di rute-rute regional Rusia. Begitu juga dengan pesawat ‘bermasker’ biru Boeing 747-8 Cargolux Airlines, sudah melanglang buana ke berbagai negara, sebagai bentuk dukungan perusahaan dan pemerintah Luksemburg terhadap penggunaan masker secara massif demi menekan penyebaran virus Corona.

Leave a Reply