Pilot Mendadak Pingsan, Pesawat Boeing 787 ANA Mendarat Darurat

0
Ilustrasi maskapai ANA. Foto: aviationpros.com

Pesawat Boeing 787 All Nippon Airways (ANA) dilaporkan mendarat darurat di Tolmachevo, Novosibirsk, Siberia, Rusia, 1.500 kilometer (932 mil) dari Kota Moskow, akibat pilot tiba-tiba pingsan.

Baca juga: ANA Sulap Pesawat Boeing 777 yang Di-grounded Jadi Restoran, Sekali Makan Rp7,8 Juta!

Kendati pesawat berhasil mendarat dengan selamat, Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang menganggap ini sebagai insiden serius. Tak hanya itu, otoritas juga menganggap pilot pingsan tersebut tak layak untuk mengoperasikan pesawat. Tak begitu jelas maksud tak layak di sini, entah tak layak secara medis sebelum berangkat atau tak layak secara teknis.

Menurut kantor berita Kyodo Jepang, Boeing 787 ANA berangkat dari Paris ke Tokyo bersama delapan kru di dalamnya.

Hingga kini, Kementerian Transportasi Rusia dan Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang masih terus menyelidiki kasus pilot pingsan ini untuk mengungkap fakta terselubung di balik insiden tersebut.

Insiden pilot pingsan dalam penerbangan tentu bukan pertama kali terjadi. Pada Juli 2019 lalu, pilot maskapai Montenegro Airlines mendadak pingsan akibat terserang penyakit. Beruntung, pesawat berhasil mendarat darurat dengan selamat.

Ketika itu, penerbangan Montenegro Airlines menuju Moskow awalnya berjalan lancar, hingga salah satu pria keluar dari ruang kokpit dan langsung ambruk di lorong kabin. Butuh beberapa waktu bagi para penumpang untuk menyadari bahwa pria yang keluar dari ruang kokpit tersebut adalah kapten penerbangan. Sontak, semua penumpang yang ada di dalam kabin histeris melihat kejadian tersebut.

Penumpang semakin dibuat ketar-ketir ketika manuver yang dibuat oleh pesawat tersebut seperti kehilangan kendali.

Beruntung, ada seorang wanita yang segera lari ke arah pilot dan berusaha untuk memberikan pertolongan pertama kepadanya. Keberuntungan kedua berasal dari kopilot yang langsung mengambil inisiatif untuk melakukan pendaratan darurat di bandara terdekat dengan posisinya kala itu.

Kopilot yang kala itu menjadi kapten penerbangan dadakan langsung menghubungi menara kontrol tentang kejadian yang saat itu dialaminya, dan meminta ijin untuk melakukan pendaratan darurat di Kaluga, sekitar 120 mil sebelah barat daya kota Moskow.

Baca juga: Pilot Jatuh Pingsan di Lorong Kabin, Montenegro Airlines Lakukan Pendaratan Darurat!

Insiden pilot pingsan juga pernah terjadi di helikopter tahun 2018 lalu. Ketika itu, sepasang tunangan sedang dalam penerbangan helikopter di Pulau Oahu, Kepulauan Hawaii, Amerika Serikat. Namun, tiba-tiba pilot jatuh dari kursi dan hampir membuat helikopter terjun bebas dari ketinggian 1.000 kaki.

Beruntung, penumpang berhasil mengambil kontrol dan menghindar helikopter terjun bebas ke daratan. Kendati demikian, helikopter tetap menghantam daratan dengan keras, dan membuat keduanya patah tulang.

LEAVE A REPLY