Ponsel Samsung Galaxy A21 Meledak di Kabin Alaska Airlines yang Sedang Mendarat

0
Penumpang maskapai Alaska Airlines yang tiba di evakuasi setelah smartphone Samsung meledak di dalam kabin. Foto: Giz China

Smartphone Samsung kembali meledak di sebuah pesawat Alaska Airline dengan nomor penerbangan 751. Akibatnya, semua penumpang dievakuasi setelah mendarat di Bandara Internasional Tacoma di Seattle, Amerika Serikat pada Senin (23/8/2021) kemarin.

Baca juga: (Lagi) Kasus Ponsel Meledak, Kali Ini Dialami Air Canada Flight 101

Ledakan yang terjadi di dalam kabin pesawat Alaska Airline bukanlah peristiwa kecil, karena nyala api yang cukup besar sehingga mengharuskan pendaratan darurat dan seluruh orang yang ada dievakuasi . Dilansir KabarPenumpang.com dari gizchina.com (25/8/2021), saat melihat api kecil, awak kabin langsung menggunakan tas penahan baterai dan alat pemadam kebakaran untuk menghentikan api dari smartphone.

Namun demikian, pihak maskapai mengevakuasi para penumpang dan mengangkut mereka kembali ke bandara dengan bus. Untungnya insiden meledaknya Samsung Galaxy A21 itu terjadi tepat setelah mendarat di bandara dan maskapai menanganinya dengan cukup baik.

“Setelah banyak menggali, saya dapat memberi tahu Anda bahwa telepon itu terbakar tanpa bisa dikenali. Namun, saat wawancara dengan salah satu petugas Kepolisian Port of Seattle kami, penumpang tersebut secara sukarela menyatakan bahwa ponsel tersebut adalah Samsung Galaxy A21. Sekali lagi, kami tidak dapat mengonfirmasinya dengan melihat sisa-sisa perangkat,” ujar Perry Cooper, juru bicara Port of Seattle.

Untungnya dalam insiden terbakarnya smartphone Samsung ini tidak ada korban jiwa. Di mana secara keseluruhan dari 129 penumpang dan 6 awak kabin turun dengan selamat meski ada dua penumpang yang harus ke rumah sakit untuk mendapat perawatan.

Laporan menunjukkan bahwa Alaska Airlines dan maskapai regional Horizon Air memperkenalkan tas penyegel baterai khusus untuk kru, tas ini tahan api dan dapat menangani suhu hingga tinggi.

Kehadiran perangkat tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik dalam situasi ini. Samsung Galaxy A21 merupakan smartphone entry-level keluaran tahun 2020 yang dilengkapi baterai lithium ion 4000 mAh. Penting untuk dicatat bahwa perangkat apa pun dengan baterai lithium-ion memiliki potensi risiko ledakan api.

Baca juga: Awas, Kelamaan Dicas dan Terselip di Kursi Pesawat, Ponsel iPhone Meledak dan Terbakar!

Ini jelas merupakan kasus yang terisolasi dan tidak berarti bahwa Galaxy A21 memiliki masalah. Selama bertahun-tahun, ada beberapa peristiwa yang terisolasi di berbagai merek. Meski begitu tidak berarti bahwa ponsel cerdas atau baterainya buruk.