Airbus A320neo Azul Livery Mickey Mouse Siap Terbang Perdana

0

Ada yang beda dari pesawat Airbus A320neo Azul Linhas Aéreas. Maskapai asal Brasil tersebut menggunakan livery Mickey Mouse nan lucu, serta Walt Disney World untuk melengkapinya.

Baca juga: Lilium Pamer Penjualan 220 Unit Taksi Udara eVTOL Terbesar di Dunia Bernilai Rp12,5 Triliun

Saat ini, pengerjaan livery Mickey Mouse dan Walt Disney World serta warna identik yang menyertainya, kuning, merah, dan hitam, sudah rampung.

Proses pemasangan mesin di Toulouse, Perancis, juga sudah selesai. Disebutkan, pesawat dengan nomor seri 10582 dan diregistrasi sebagai F-WWOT di Perancis, sekalipun akan diregistrasi ulang menjadi PR-YSH di Brasil, tak lama lagi akan menjalani penerbangan perdana.

Bagi Azul, ini adalah pesawat pertama maskapai dengan livery Walt Disney. Sebelumnya maskapai memang beberapa kali menggunakan livery unik, seperti livery Timnas Brasil, Ararinha Azul, dan sederet livery berwarna-warni lainnya, begitu laporan aviacionline.com.

Disney sendiri memang sedang gencar mempromosikan brand mereka ke seluruh dunia lewat livery Mickey Mouse dan Walt Disney World. Ini dilakukan untuk memperingati 50 tahun berdirinya taman rekreasi pertama perusahaan berdiri. Perayaan tersebut akan dimulai pada 1 Oktober mendatang dan terus berlangsung selama 18 bulan.

Selain pesawat A320neo Azul Linhas Aéreas, Disney juga sudah mempromosikan brandnya dalam momentum perayaan 50 tahun berdirinya taman rekreasi pertama perusahaan ke dua pesawat LATAM Airlines. Satu di pesawat Boeing 767-300ER dengan tail art Walt Disney World dan lainnya Boeing 777 dengan livery Stormtrooper, karakter tentara fiksi dalam film Star Wars.

Azul Linhas Aéreas Brasileiras atau Azul Brazilian Airlines sendiri adalah maskapai penerbangan yang berpusat di Barueri, pinggiran kota Sao Paulo, Brasil.

Maskapai berbiaya rendah (LCC) swasta ini didirikan pada 5 Mei 2008 oleh David Neeleman (pendiri maskapai bertarif rendah Amerika, Morris Air dan JetBlue, serta maskapai Kanada, Westjet).

Kendali masih tergolong muda, tetapi, maskapai yang juga biasa disebut Azul (bermakna “Biru” dalam bahasa Portugis) ini berhasil meraup pangsa pasar 17,8 persen untuk penerbangan domestik dan 11,8 persen untuk penerbangan internasional, jika dihitung berdasarkan pendapatan per penumpang per kilometer, pada tahun 2017 silam.

Capaian tersebut berhasil mengantarkannya menjadi maskapai terbesar ketiga untuk penerbangan domestik dan terbesar kedua untuk penerbangan internasional di Brasil. Meski menjadi maskapai terbesar ketiga, tetapi, Azul melayani lebih banyak kota dan terbang lebih sering ketimbang para kompetitornya.

Azul sebelumnya banyak mengoperasikan pesawat lokal Embraer 195. Tetapi, semakin ke sini, maskapai mulai mengoperasikan pesawat lainnya, seperti Airbus A330neo, menjadikannya sebagai maskapai pertama di kawasan Amerika Selatan.

Baca juga: Eva Air Tampilkan Tema Hello Kitty di Boeing 777-300ER

Bahkan, baru-baru ini, maskapai Azul Linhas Aéreas memulai era baru penerbangan penumpang usai menyepakati pembelian taksi udara eVTOL terbesar di dunia, Lilium, sebanyak 220 unit.

Brasil sendiri dikenal sebagai pasar helikopter terbesar kedua di dunia. Itu mungkin dilandasi berbagai faktor, seperti infrastruktur yang buruk, geografi, serta tingginya tingkat kejahatan di jalan seperti pembajakan, penodongan, pencurian, dan sejenisnya. Tak ayal, transportasi udara sangat diandalkan dan tumbuh pesat di sini.