Positif Negatif Menjadi Pramugari, Gaji Rendah hingga Jadi ‘Pemain’ Cadangan

0
Ilustrasi pramugari. Foto: Istimewa

Sekilas, kehidupan pramugari tampak sangat glamor dan menyenangkan ketika berkeliling dunia, mengunjungi tempat-tempat eksotis, dan menikmati pengalaman baru. Namun, dibalik semua itu, ada harga mahal yang harus ‘dibayar’ oleh para bidadari angkasa tersebut.

Baca juga: Inilah 20 Syarat ‘Tak Resmi’ untuk Jadi Pramugari, Nomor Dua Agak Aneh

Selain kerja keras, pramugari sering kali terpaksa meninggalkan banyak agenda pribadi, seperti datang ke resepsi pernikahan sahabat, keluarga, bahkan menghadiri prosesi pemakaman orang tua, karena tidak mendapat cuti ataupun sedang bertugas di luar negeri.

Pada intinya, profesi pramugari juga mempunyai sisi positif dan negatif layaknya profesi lain. Namun, apa saja sisi positif dan negatifnya? Dikutip dari Simple Flying, berikut daftar sisi positif dan negatif menjadi pramugari.

Positif

1. Jalan-jalan Keliling Negeri dan Dunia

Sebagian orang yang sudah maupun ingin menjadi pramugari mungkin didasari oleh alasan tersebut, keliling dalam dan luar negeri gratis. Tentu mengikuti rute-rute dari maskapai itu sendiri. Jalan-jalan gratis di dalam dan luar negeri memang dimungkinkan untuk pramugari dengan kebijakan layover.

Tak hanya itu, di beberapa maskapai pramugari dimungkinkan untuk jalan-jalan ke luar negeri secara gratis beserta keluarga atau orang terkasih. Sekalipun tak sampai gratis, banyak maskapai paling tidak menerapkan harga khusus untuk pramugari dan keluarga bilamana ingin bepergian ke luar negeri.

2. Fleksibel

Tidak terikat waktu atau kerja setiap hari, layaknya pekerja kantoran, jadi keuntungan lain menjadi seorang pramugari. Dalam kondisi tertentu, misalnya di peak season, pramugari bukan tak mungkin akan bekerja setiap hari sampai peak season berakhir. Namun, hal itu tentu sejalan dengan take home pay yang dibawa pulang. Di luar itu, atau dalam kondisi normal, pramugari bisa dengan leluasa mengatur jadwal terbang mereka dari jadwal yang sudah diatur semula.

3. Bertemu Banyak Orang Baru

Bagi seseorang yang senang bertemu dengan orang baru, profesi pramugari sangat cocok untuk digeluti. Setiap hari, pramugari bertemu dengan banyak orang dari berbagai latar belakang budaya, agama, bahasa, suku, dan bangsa di berbagai tempat, seperti hotel, pesawat, bandara, dan berbagai tempat lainnya yang dihampirinya.

Negatif

1. Upah Kecil

Bila disandingkan dengan tugas dan tanggung jawab mereka, pramugari tergolong mendapat gaji relatif rendah; terlebih, untuk pramugari junior atau newbie yang baru saja bergabung. Hal itu setidaknya akan terus berlangsung selama 15 tahun sebelum akhirnya bisa mendapat gaji yang layak.

Baca juga: Sembunyikan Heroin di Celana Dalam dan Bra, Pramugari Asal Malaysia Dipenjara di Melbourne

2. Pramugari Cadangan

Di beberapa maskapai, pramugari newbie hanya diplot sebagai ‘pemain’ cadangan. Pada periode ini, pramugari diminta menunggu di rumah atau di bandara sampai penjelasan lebih lanjut. Jika ada jadwal terbang, pramugari juga diminta untuk melapor dua jam sebelumnya.

3. Jauh dari Keluarga

Pramugari senior mungkin bisa dengan leluasa memilih jadwal terbang, sekalipun pada umumnya masing-masing maskapai berbeda dalam memperlakukan pramugari senior. Namun, bagi pramugari pada umumnya, mereka harus patuh dengan penugasan yang kadang kala lebih sering keluar kota atau negeri. Bagi yang sudah berkeluarga, mungkin jauh dari rumah akan jadi mimpi buruk.

Leave a Reply