PT KAI Luncurkan KA Ciremai 2, Tambahkan Relasi Bandung-Semarang

0
Stasiun Semarang Tawang masa kini, bangunannya tak berubah dari masa lalu

Merespon meningkatnya angka pemudik Lebaran 2019, PT KAI pada 1 Juni resmi meluncurkan rangkaian Kereta Api (KA) Ciremai 2. Selain untuk merespon tingginya pemudik, kehadiran KA Ciremai 2 juga iperuntukan bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi dari Bandung menuju Semarang maupun sebaliknya.

Baca juga: Yang Unik dari Stasiun Tawang, Alunan Gambang Semarang Gantikan Bunyi Bel

Dikutip dari kompas.com (1/6), EVP Daop 2 Bandung Saridal mengatakan dengan adanya penambahan ini, total ada empat perajalanan KA Ciremai. Empat KA tersebut nantinya akan melayani perjalanan pada pagi dan sore setiap harinya. KA Ciremai 2 (Tambahan) ini akan memulai perjalanan yang terdiri dari Kelas Eksekutif dan Bisnis.

Peluncuran ini ditandai dengan perjalanan KA Ciremai dari Stasiun Bandung menuju Stasiun Semarang Tawang, Sabtu (1/6/2019) sore. Penambahan perjalanan ini untuk KA 12988 (Bandung – Semarang Tawang) dan KA 12899 (Semarang Tawang – Bandung). Durasi permjalanan dari Bandung ke Semarang adalah 7,5 jam

Dalam setiap rangkaian, KA Ciremai 2 membawa 4 kereta eksekutif dan 4 kereta bisnis. Total 456 kursi yang tesedia dari KA Ceremai 2 tersebut.Tiket KA Ciremai 2 sudah bisa dipesan sejak 24 Mei di aplikasi KAI Access, website KAI, dan seluruh channel penjualan KAI. Tarif KA Ciremai 2 sama seperti KA Ciremai eksisting dengan Tarif Batas Bawah (TBB) dan Tarif Batas Atas (TBA) yang telah ditetapkan.

“Bandung-Semarang Tawang ini menjadi salah satu favorit mudik. Jadi memang banyak peminatnya, kemarin saja okupansinya hampir 100 persen,” ujar Saridal.

Baca juga: PT KAI Diminta Aktifkan Jalur ‘Mati Suri’ Semarang-Rembang

KA Ciremai merupakan satu dari dua kereta api yang melayani koridor Semarang-Bandung Melalui Lintas Pantura (Utara) selain Kereta api Harina (hingga Surabaya). KA Ciremai diresmikan bertepatan dengan hari ulang tahun Kereta Api Indonesia ke-68 yang jatuh pada tanggal 28 September 2013, dengan rute sebelumnya Bandung-Cikampek-Cirebon, lalu pada tanggal 3 Oktober 2016 diperpanjang hingga Semarang (mengikuti rute lama KA Harina).

Leave a Reply