Punya Boarding Pass Kereta Api? Jangan Buang dan Tukarkan Tiket Gratis dari PT KAI

boarding pass kereta api

Sebagai pengguna kereta api jarak jauh biasanya memiliki boarding pass atau tiket kereta yang akan ditunjukkan kepada petugas saat pengecekan identitas. Dengan boarding pass ini, ternyata pengguna setia kereta api bisa mendapatkan tiket gratis dari PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Baca juga: Gelontorkan Rp2 Triliun, PT KAI Pesan 438 Kereta dari PT INKA

Sebenarnya ini merupakan salah satu program yang dilaksanakan PT KAI sejak beberapa waktu lalu. KabarPenumpang.com merangkum dari berbagai laman sumber, untuk mendapatkan tiket gratis kereta api kelas komersial ada beberapa syarat dan ketentuan untuk ini.

1. Penumpang memiliki 20 boarding pass dengan rentang waktu 12 bulan sejak keberangkatan kereta pertama (ditukarkan dalam waktu 12 bulan tersebut).
2. Penumpang memiliki 15 boarding pass dengan rentang waktu enam bulan ejak keberangkatan KA pertama (ditukarkan dalam waktu 6 bulan tersebut).
3. Rentang waktu yang dimaksud diatas dihitung mundur dari tanggal penukaran tiket.
4. Tiket atau boarding pass Kereta Api komersial.
5. Tiket atau boarding pass atas nama penumpang yang sama.
6. Tiket atau boarding pass dengan relasi perjalanan dan atau parsial (PP), searah maupun sebaliknya.
7. Untuk penukaran Tiket Gratis dihitung sejak tanggal keberangkatan tiket atau boarding pass pertama dan tidak boleh lebih dari rentang waktu yang ditentukan, apabila lewat dari rentang waktu tersebut maka sudah tidak berlaku.
8. Penukaran tiket dilakukan di stasiun besar yang ada Customer Service.
9. Apabila tidak ada Customer Service, penumpang dapat melapor ke petugas loket reservasi.
10. Petugas loket akan memeriksa keabsahan tiket atau boarding pass, apabila sudah benar dan jumlahnya memenuhi syarat maka tiket gratis akan dicetakkan bagi penumpang bersangkutan.

Baca juga: Kenali Beragam Jenis Perawatan Armada Kereta di PT KAI

Caranya sudah dibeberkan secara jelas, lantas bagaimana dengan tiket yang didapatkan? Ternyata penumpang akan mendapatkan tiket tergantung dari nama, relasi hingga kelas kereta. Berikut ini tiket yang akan didapatkan.

1. Jika tiket terdiri dari beberapa nama KA yang berbeda, maka Tiket Gratis diberikan dengan “Relasi Terpendek”.
2. Kelas KA sama, jika tiket yang dikumpulkan terdiri dari beberapa kelas, maka yang diberikan “Kelas Terendah”.
3. Relasi KA Sama, jika tiket yang dikumpulkan terdiri dari beberapa relasi, maka yang diberikan “Relasi Terpendek”. Jika boarding pass tidak terbaca, maka diwajibkan untuk menyebutkan tanggal perjalanan atau data pemesanan KA tersebut ke Customer Service stasiun, agar bisa dilakukan pengecekan. Bila data benar, petugas aka menulis ulang nomor kode booking pada boarding passs tersebut dan diparaf.