Qatar Airways Raih Bintang 5 Keselamatan Maskapai untuk Covid-19 dari Skytrax

0
Qatar Airways (hmentalfloss.com)

Skytrax baru saja mengumumkan Qatar Airways menjadi maskapai global pertama yang meraih Penilaian Bintang 5 Keselamatan Maskapai untuk Covid-19. Pengumuman ini setelah Skytrax melakukan audit pada Desember tahun lalu yang menilai efektivitas dan konsistensi penerapan standar serta prosedur kebersihan dan keselamatan Covid-19 yang ketat dari check in hingga di dalam pesawat.

Baca juga: Tandai 2 Tahun Menuju Piala Dunia 2022, Pesawat Qatar Airways Gunakan Livery Spesial

Dikatakan Qatar Airways, audit yang dilakukan oleh Skytrax mencakup tinjauan lengkap pemeriksaan efisiensi prosedural, pengamatan langsung terhadap tingkat kebersihan dan keselamatan di sepanjang perjalanan penumpang. Selain itu pengambilan dan pengujian sampel Adenosina Trifosfat (ATP) dalam pesawat guna mengukur tingkat potensi kontaminasi permukaan yang sering disentuh.

KabarPenumpang.com mengutip dari siaran pers, Chief Executive Qatar Airways Group Akbar Al Baker mengatakan, sebagai pemimpin industri dan maskapai terbaik dunia sebagaimana yang dinobatkan oleh Skytrax, pihaknya terbiasa menetapkan standar untuk diikuti maskapai lainnya. Dia mengungkapkan kegembiraannya dan komitmen mereka dalam menyelenggarakan program keselamatan Covid-19 paling ketat dan lengkap yang ada dalam komunitas penerbangan global.

“Pencapaian ini menyoroti langkah-langkah serta prosedur cermat yang diterapkan Qatar Airways guna menjaga kesehatan dan kesejahteraan penumpang kami selama pandemi global hingga saat ini, dan mengikuti prestasi HIA baru-baru ini sebagai bandara pertama di Timur Tengah dan Asia yang mendapatkan penghargaan Penilaian Bintang 5 Keselamatan Bandara untuk Covid-19 oleh Skytrax. Selain itu, pencapaian ini juga memberikan jaminan kepada penumpang di seluruh dunia bahwa standar kesehatan dan keselamatan maskapai tunduk pada standar tertinggi pengawasan dan penilaian yang profesional serta independen,” ujar Al Baker.

Dia mengatakan, seiring upaya Qatar Airways dalam menghadapi dampak dan tantangan krisis Covid-19 yang masih terjadi, pihaknya ingin menekankan bahwa penumpang tak perlu khawatir dengan perjalanan udara. Al Baker menambahkan, pihaknya akan terus menyediakan pengalaman paling aman bagi pelancong di seluruh dunia serta memperluas peran mereka dalam membantu memulihkan industri penerbangan komersial selama beberapa bulan ke depan.

“Kami mengucapkan selamat kepada Qatar Airways karena telah mendapatkan Penilaian Bintang 5 Keselamatan untuk Covid-19 yang tertinggi dan menjadi maskapai besar pertama di dunia yang mendapatkan sertifikasi pada tingkat ini. Qatar Airways tetap melakukan penerbangan selama pandemi Covid-19, mengantar pulang lebih dari 3,1 juta orang sejak awal pandemi, dan pengalaman inilah yang memungkinkan mereka memberikan standar langkah-langkah keselamatan kesehatan dan kebersihan yang sangat baik guna menjaga keamanan pelanggan dan karyawan,” kata Chief Executive Officer Skytrax, Edward Plaisted.

Selama penerbangan, Qatar Airways menerapkan beberapa langkah keselamatan, seperti penyediaan Alat Pelindung Diri (PPE) bagi awak kabin dan kit berisi kelengkapan pelindung diri bagi penumpang. Penumpang Kelas Bisnis di armada yang dilengkapi Qsuite dapat merasakan pengalaman terbang lebih privat dengan fitur-fitur yang diusung kursi bisnis peraih penghargaan ini, seperti partisi privasi geser dan opsi untuk menggunakan indikator ‘Jangan Ganggu/Do Not Disturb (DND)’.

Baca juga: Buat Para Mahasiswa, Qatar Airways Tawarkan Program Eksklusif untuk Menjelajahi Dunia

Qsuite tersedia di penerbangan ke lebih dari 45 destinasi, seperti Frankfurt, Kuala Lumpur, London dan New York. Selain itu, maskapai ini juga menggunakan sistem penyaringan udara HEPA paling canggih di semua armada, dan baru-baru ini menjadi maskapai global pertama yang memperkenalkan Sistem Kabin Ultraviolet canggih milik Honeywell, yang dioperasikan oleh Qatar Aviation Services, sebagai langkah lanjut dalam membersihkan armadanya.