Rizer Hadirkan Sepeda Statis ‘Dinamis,’ Serasa Naik Turun Bukit

0
Rizer memiringkan sepeda sebanyak 20 derajat saat menanjak, atau turun maksimal -10 derajat saat turun (newatlas.com)

Ketika bersepeda, seorang pengendara hanya akan duduk datar dan mengayuh sepeda mereka kedepan. Namun, Rizer menghadirkan sepeda statis yang bisa membuat pengendara mengayuh ke atas atau ke bawah sesuai dengan bukit dan lembah pada program sambil tetap di dalam rumah.

Baca juga: Cek Tekanan Angin Ban Sepeda Kini Bisa Lewat Ponsel NFC

Ini adalah simulator gradien Rizer yang diproduksi oleh perusahaan Italia Elite dan dirancang untuk digunakan dengan alat latih stasioner terpisah yang dibuat oleh pihak ketiga. Di mana bagian belakang sepeda dipasangkan dengan pelatih tersebut, garpu akan menempel pada Rizer.

Dilansir KabarPenumpang.com dari newatlas.com (26/7/2021), saat pengguna melaju di jalur animasi di salah satu program yang kompatibel, Rizer menggunakan Bluetooth atau ANT+ untuk berkomunikasi secara nirkabel dengan tablet atau laptop yang menjalankan program. Sehingga saat tanjakan atau turunan dilalui di lingkungan layar, Rizer merespons dengan mengangkat bagian depan sepeda hingga 20 derajat, atau menurunkannya sebanyak -10 derajat.

Rizer memanfaatkan kontrol tombol tekan atau aplikasi iOS/Android yang menyertainya, pengguna juga dapat mengatur perangkat secara manual ke sudut pilihan mereka. Pengaturan Kickr Climb yang ada dari Wahoo Fitness sudah menawarkan fungsi serupa, meskipun garpu dan setang tetap terkunci dalam orientasi lurus ke depan.

Sebaliknya, Rizer memungkinkan garpu dan palang untuk diputar bolak-balik dari sisi ke sisi. Menurut Elite, ini tidak hanya membuat pengalaman bersepeda stasioner yang lebih realistis, tetapi juga meningkatkan rasa dan kenyamanan stang, ditambah lebih baik melatih kelompok otot yang akan ikut bermain saat berkendara di jalan yang sebenarnya.

Nilai tambahnya tentu saja, ini memungkinkan pengguna secara virtual mengarahkan avatar bersepeda mereka di dalam program, yang tidak mungkin dilakukan dengan semua platform. Perangkat itu sendiri memiliki menara aluminium dan platform baja/aluminium, diklaim sangat stabil berkat empat kakinya yang tingginya dapat disesuaikan, dan dilaporkan dapat menangani beban maksimum 264,5 lb (120 kg).

Baca juga: Inilah Velo 2 Beeline, Kompas Digital Khusus Sepeda, Goweser Wajib Coba!

Ini juga dikatakan kompatibel dengan hampir semua sepeda tegak, karena dilengkapi dengan adaptor melalui porosnya sendiri. Elite Rizer akan tersedia mulai musim gugur ini (Belahan Bumi Utara), dengan harga US$1.099,99.