Rongsokan Pesawat Disulap Jadi Mobil RV Seharga Rp400 Jutaan, Modifikasi Butuh 36 Tahun

0
Modifikasi mobil RV 1979 Fleetwood Pace Arrow dan Convair CV-240 tahun 1954 menjadi mobil RV yang dinamakan Andromeda. Foto: Steve/Craigslist

Di masa awal pandemi virus Corona, industri penerbangan anjlok drastis. Lebih dari setengah populasi pesawat yang beredar digrounded di seluruh dunia. Lockdown dimana-mana. Mudik dilarang. Pergerakan orang dibatasi. Masyarakat diminta di rumah saja selama berbulan-bulan. Efeknya, sudah pasti bikin mereka jenuh.

Baca juga: Rongsokan Mesin Jet Rolls-Royce Disulap Jadi Karavan Unik, Butuh Waktu 1.000 Jam

Geram terus di rumah, masyarakat pun mulai berontak. Sementara pesawat dilarang untuk mengantarkan penumpang ke berbagai wilayah, masyarakat tetap mencari cara untuk bepergian via darat sambil merasakan sensasi naik pesawat. Bila itu yang diinginkan, modifikasi mobil RV 1979 Fleetwood Pace Arrow dan Convair CV-240 tahun 1954 mungkin bisa jadi alternatif.

Dilansir thedrive.com, musim panas lalu, usai lockdown berkepanjangan akibat virus Corona, warga Amerika mulai menyerbu destinasi wisata. Rata-rata dari mereka pergi piknik ke alam terbuka. Saking tingginya minat berlibur warga via darat, rental mobil RV pun melonjak sampai 650 persen, sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Musim Panas 2021 nampaknya tak akan jauh berbeda. Minat berlibur warga Amerika tetap tinggi seiring belum pulihnya perjalanan udara. Rental mobil RV (Recreational Vehicle) sudah pasti akan kembali diserbu.

Mobil RV hasil pengabungan dengan pesawat ini bisa dikemudikan di kursi sebalah kanan maupun kiri. Foto: Steve/Craigslist

Bagi warga yang tak mendapat slot penyewaan mobil RV, mungkin tak ada salahnya coba menjajal modikasi pesawat menjadi mobil, Andromeda. Sayangnya, modifikasi Convair-Fleetwood ini tak lagi bisa beroperasi karena tak dirawat dengan baik sejak tahun 80an dan dijual dengan harga murah.

Padahal proses modifikasi Andromeda menghabiskan waktu hingga 36 tahun, termasuk dibumbui dengan pengejaran oleh pihak kepolisian. Menurut Santa Barbara Independent, sang kreator mobil-pesawat tersebut, Roger Crona, ialah seorang kriminil yang kabur dari penjara pada tahun 1972.

Disebutkan, guna menghilangkan jejaknya, ia menggunakan empat nama samaran, salah satunya Von Straussenberg.

Interior Andromeda. Foto: Steve/Craigslist

Crona kemudian bertemu dengan Tony Tosta di California Selatan dan mengajaknya untuk membuat mobil dari body pesawat bekas sampai akhirnya lahirlah Andromeda.

Andromeda diketahui banyak mempertahankan desain asli Convair. Tak heran, Andromeda bisa dikemudikan melalui kursi pilot ataupun kopilot. Sebab, keduanya dilengkapi dengan setir yang saling terhubung layaknya yoke pada pesawat.

Baca juga: VACA Limousines – Hasil ‘Kawin Silang’ Boeing 727 dengan Bus Mercedes-Benz, Dijual Rp14,7 Miliar!

Berdasarkan foto yang diposting di situs jual beli online Craigslist atas nama Steve, perlu beberapa perbaikan sebelum kendaraan ini bisa kembali ke jalan. Bukan tanpa sebab, mantan pesawat ini diubah menjadi motorhome di awal 80-an, setelah ditemukan terbengkalai di balik semak-semak, usai sang kreator kembali ditangkap polisi.

Interiornya saat ini dalam kondisi tidak terawat tapi, meski begitu, jelas dikemas dengan fasilitas lengkap. Ada ruang untuk tempat tidur susun dan kemungkinan untuk membuka atap untuk tidur di bawah bintang-bintang, sound system, kamar tidur terpisah, dapur lengkap dengan kompor gas dan oven, wastafel, microwave, bahkan jacuzzi di tengah ruang tamu. Andromeda saat ini dibanderol seharga US$27.995 dolar AS atau sekitar Rp 400 jutaan. Berminat?

Leave a Reply