Royal Jordanian, Pernah 2 Kali Layani Penerbangan Reguler ke Jakarta

0
Royal Jordanian di Bandara Internasional Soekarno Hatta. Sumber: Travel Daily Media

Pada awal tahun 2017 silam, tepatnya pada bulan Januari, salah satu maskapai asal Timur Tengah, Royal Jordanian resmi menutup penerbangannya menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta. Ya, kini Royal Jordanian hanya membatasi penerbangannya sampai di Kuala Lumpur, Malaysia saja, padahal sebelumnya, maskapai anggota aliansi penerbangan Oneworld ini sebelumnya melayani rute penerbangan dari Amman – Kuala Lumpur – Jakarta.

Baca Juga: Ternyata, Emirates Hanya Menggunakan Dua Jenis Pesawat!

Maskapai dengan livery yang didominasi warna hitam ini pada mulanya membuka rute penerbangan dari Amman (ibu kota Yordania) ke Jakarta pada Desember 2015, dan ini merupakan rute baru keempat Royal Jordanian di sepanjang tahun 2015. Dikutip KabarPenumpang.com dari laman rj.com – laman resmi dari Royal Jordanian, sebelumnya maskapai yang bernama Alia Airlines ini telah terlebih dahulu membuka layanan penerbangan berjadwal menuju Jakarta di antara tahun 1992 hingga 2002.

Namun karena beberapa alasan komersial yang melatarbelakanginya, akhirnya Royal Jordanian terpaksa menghentikan penerbangan berjadwal tersebut. Diketahui, maskapai ini melayani penerbangan dari Amman menuju Jakarta sebanyak tiga kali dalam satu minggu – Senin, Rabu, dan Jumat. Rute ini, menurut pihak perusahaan, juga melayani tenaga kerja Indonesia, kargo, dan lalu lintas bisnis.

Direktur Utama dari Royal Jordanian kala itu, Captain Suleiman Obeidat mengatakan bahwa rute penerbangan pada rentang tahun 1992 hingga 2002 tersebut ditujukan untuk membawa wisatawan dari Yordania dan Levant menuju Indonesia dan sebaliknya, Royal Jordanian mengangkut para pelajar dari Indonesia yang hendak belajar di Yordania.

Namun karena alasan yang sudah disebutkan di atas, Royal Jordanian terpaksa menghentikan layananan penerbangannya menuju Indonesia pada tahun 2002.

13 tahun berselang – Desember 2015, pihak maskapai melakukan re-route menuju Jakarta dengan tujuan yang hampir sama, membawa wisatawan menuju Indonesia dan pelajar yang hendak bersekolah di Yordania. Pun dengan waktu terbangnya, tetap tiga kali dalam satu minggu.

Baca Juga: Maskapai Timur Tengah Terapkan Standar Tinggi dalam Penerbangan

Hingga akhirnya pada bulan November 2016, perusahaan harus kembali menelan pil pahit dengan mengumumkan penutupan rute penerbangan Amman – Kuala Lumpur – Indonesia pada Januari 2017. Adapun penerbangan terakhir Royal Jordanian dengan menggunakan Boeing 787-800 menuju Jakarta terjadwal pada 11 Januari 2017. Namun anehnya, pihak maskapai masih mengoperasikan rute penerbangan menuju Kuala Lumpur – yang sebelumnya dipanjangkan menuju Indonesia.

Leave a Reply