Rp300 Ribu! Inilah Harga Tiket Termurah Kereta Cepat Jakarta-Bandung

0
Sumber: Liputan6.com

Ada kabar datang dari PT Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC), dimana perusahaan ini seolah meyakinkan publik bahwa layanan kereta cepat yang sedang dibangun ini akan bisa dinikmati dalam waktu dekat. PT KCIC memperkirakan tarif layanan kereta cepat yang menghubungkan Jakarta dengan Bandung ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp300.000, atau sekitar tiga kali lipat harga yang ditawarkan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk kelas premium ekonomi.

Baca Juga: PT KCIC: Akhir 2019 Progres Kereta Cepat Jakarta-Bandung Ditargetkan Tembus 53 Persen

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman detik.com (10/10), hadirnya kereta cepat ini kelak akan menghubungkan dua kota yang terpaku jarak 142 km hanya dalam waktu 45 menit saja. Menurut Direktur Utama PT KCIC, Chandra Dwiputra, nantinya tiket yang dijajakan kepada publik akan terbagi ke dalam tiga kelas – kelas 1, kelas 2, dan kelas 3.

“Yang paling murah Rp300.000. Kita ada kelasnya, kelas dua, kelas satu, VIP. Memang yang paling banyak itu yang Rp300.000 itu yang kelas dua,” ujar Chandra usai menghadiri penandatanganan kerja sama Kemenhub dengan KCIC dalam hal pengembangan SDM untuk kereta cepat, di Gedung Karsa Kemenhub, Jakarta, Kamis (10/10) kemarin.

Layaknya moda transportasi lain, lanjut Chandra, perbedaan paling mendasar dari tiap kelas ini terlihat dari konfigurasi bangkunya. Konfigurasi untuk kelas 2 contohnya, Chandra mengatakan bahwa komposisi bangkunya 3-3, sementara untuk kelas 1 dan VIP, konfigurasi bangkunya akan menjadi 2-2.

“Untuk kelas VIP bangkunya akan lebih besar ketimbang dua kelas lainnya,” terang Chandra.

“Paling gampang konfigurasi kursinya, kalau yang kelas dua kan satu deret itu 3 sama 3. Kalau paling gampang kelas satu dan VIP dua dua. VIP kursinya yang besar-besar,” sambungnya.

Tidak hanya mempersiapkan peuncuran moda ini saja yang diperkirakan akan jatuh pada tahun 2021 mendatang, tapi Chandra juga saat ini tengah mempersiapkan sistem hiburan di dalam kereta. Chandra juga meyakinkan bahwa nantinya Anda akan bisa menikmati fasilitas internet di dalam kereta cepat ini.

Baca Juga: Mulai Mengular 2021, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Gunakan Kereta Generasi Baru CR400AF

“(Layanan entertain) sedang kita siapkan. Yang penting internet ada. Tapi Anda bayangkan saja ke Bandung berapa menit sih kalau langsung? 40 menit. Kira-kira kebayang nggak masih sempat pesan kopi?” sambung Chandra.

Lalu, untuk harga tiket kelas VIP, kata Chandra, pihaknya belum menyiapkan besarannya. Namun ia menegaskan, tak akan menyentuh angka Rp700.000. “Kita belum tentukan yang paling mahal. Tapi nggaklah (sampai Rp600-700 ribu),” tutupnya.

Leave a Reply