Saat Covid-19 Berlalu, Jangan Lupa Optimalkan Liburan dengan Kereta Api

0
ilustrasi berlibur menggunakan kereta api

Perasaan jenuh dan sedih karena tak bisa liburan hampir ada dibenak perasaan setiap orang saat ini. Namun, percayalah cepat atau lambat badai Covid-19 pasti akan berlalu. Dan saat musibah global ini berlalu, Anda bisa mempersiapkan kembali liburan dan perjalanan untuk menyegarkan jiwa raga. Dan salah satu yang bisa menjadi pilihan adalah menyapa kerinduan pada kereta api, khususnya kereta api jarak jauh antar kota.

Baca juga: 10 Tips Menikmati Perjalanan dengan Kereta di Eropa

Nah, bagi Anda yang lebih menyukai kereta api sebagai moda transportasi perjalanan, ada beberapa tips yang bisa jadi patokan dalam mempersiapkan perjalanan. Berikut ini beberapa tips yang KabarPenumpang.com rangkum dari iol.co.za (3/3/2020).

#1 Cari diskon dan penawaran
Setelah tahu tujuan liburan, Anda harus bisa mengecek apakah perusahaan kereta api menawarkan diskon atau harga yang lebih murah dari biasanya. Sebab terkadang ada penawaran dan diskon untuk penumpang terutama anak-anak, pelajar maupun lansia. Sehingga ketika bepergian dengan anak-anak atau orang tua Anda, tiket yang dibeli bisa lebih murah.

#2 Kebijakan bagasi kereta
Perusahaan kereta api memiliki kebijakan bagasi yang murah hati dan lainnya justru memiliki aturan yang ketat. Sebelum mengemas barang bawaan cek berapa banyak tas yang boleh dibawa dan apa saja yang dilarang. Beberapa kereta, tidak mengenakan biaya tambahan untuk dua tas dan barang pribadi. Tetapi ada pula yang harus membayar kelebihan tersebut.

#3 Bawa bantal dan selimut sendiri
Beberapa kursi kereta cukup nyaman tapi mungkin Anda tidak akan bisa tidur dengan nyeyak. Sebab tak banyak kereta yang menawarkan paket tidur pada penumpang. Sehingga bantal kecil dan selimut dengan ukuran tidak terlalu besar bisa membuat Anda hangat dan nyaman selama perjalanan malam yang dingin.

#4 Pakaian nyaman
Ketika menikmati liburan dengan kereta api, gunakan pakaian yang nyaman seperti kaos dan celana panjang bahan. Siapkan syal dan sepasang kaus kaki yang bisa digunakan untuk tidur. Bawa jaket yang ringan untuk membantu tetap nyaman dan menghalau dinginnya udara dari AC kereta.

#5 Bawa camilan sendiri
Menikmati perjalanan dengan kereta api, rasanya ada yang kurang jika tidak makan cemilan untuk menikmati pemandangan yang disuguhkan alam. Kereta api menjual makanan ringan tapi, harga yang ditawarkan lebih mahal ketimbang membawa dari rumah. Apalagi yang bepergian dengan anggaran terbatas, sehingga baiknya bawa makanan ringan dari rumah selain lebih hemat, bisa membawa lebih banyak.

Baca juga: Daripada Jajan di Kereta, Lebih Baik Bawa Daftar Bekal ini Sebelum Berangkat

#6 Matikan ponsel
Sebagian besar kereta modern sudah menghadirkan WiFi dan penumpang bisa berselancar di media sosial dengan mengunggah atau mengupdate apa yang dilihat dan dirasakan. Namun, baiknya tidak terlalu sering menggunakan ponsel. Sebab Anda bisa saja kehilangan momen menikmati pemandangan yang diberikan alam ketika kereta melintas di jalan berkelok, hutan atau pemandangan lainnya seperti laut dan gunung.

Leave a Reply