Sabuk Pengaman Ternyata Sudah Ada Sejak 1800-an

0

Naik mobil, taksi dan pesawat penumpang wajib mengenakan sabuk pengaman dalam perjalanan. Bila di pesawat untuk menghindarkan penumpang dari kecelakaan yang diakibatkan turbulensi dan di kendaraan beroda empat seperti mobil atau taksi dari kecelakaan kendaraan.

Baca juga: Hanya 12,3 Persen Masyarakat UEA Gunakan Sabuk Pengaman di Kursi Belakang

Dengan adanya sabuk pengaman ini, pengemudi dan penumpang bisa lebih aman ketika kecelakaan terjadi. Bahkan untuk menyelamatkan nyawa dan mengurangi cedera akibat tabrakan sekitar 53-59 persen.

Nah, setelah tahu bahwa sabuk pengaman bisa membantu menghindarkan cedera dan menyelamatkan nyawa, sebenarnya sejak kapan sabuk pengaman ada dan bagaimana sejarahnya? KabarPenumpang.com merangkum laman defensivedriving.com, sabuk pengaman awalnya ditemukan oleh George Cayley pada 1800-an akhir.

Insinyur asal Inggris ini menciptakan sabuk pengaman untuk membantu menjaga pilot tetap berada di dalam pesawat mereka. Tetapi kemudian sabuk pengaman yang dipatenkan pertama kali dibuat oleh orang Amerika yakni Edward J Clanghorn pada 10 Februari 1885.

Kehadiran sabuk pengaman buatan Edward adalah untuk membuat pelancong aman ketika naik taksi di kota New York. Seiring berjalannya waktu, sabuk pengaman perlahan hadir di mobil-mobil untuk membantu pengemudi dan penumpang aman di jok mereka saat berkendara.

Kemudian tahun 1930-an beberapa dokter Amerika Serikat mulai menguji sabuk pengaman dan melihat dampak yang ditimbulkannya serta kemudian mendesak para produsen mobil menghadirkan sabuk pengaman di semua mobil. Bahkan tahun 1945, Sport Car Club of Amerika mewajibkan pengemudi untuk mengenakan sabuk pengaman mereka selama kompetisi.

Bisa dikatakan, pengemudi mobil balap adalah orang pertama yang benar-benar mengenakan sabuk pengaman untuk membantu melindungi mereka dari cidera internal yang serius. Tahun 1955 Society of Automotive Engineers (SAE) menunjuk Komite Sabuk Pengaman Kendaraan Bermotor.

Hingga akhirnya di tahun 1958 ditemukan sabuk pengaman tiga titik oleh insinyur Swedia Nils Bohlin. Sampai sebelum sabuk pengaman tiga titik ditemukan, pengguna mobil menggunakan sabuk pengaman dua titik yang diikat di seluruh tubuh.

Kemudian, kehadiran Bohlin direkrut oleh Volvo dan merancang sabuk pengaman tersebut. Desain tiga titik ini diciptakan untuk membantu mengamankan tubuh bagian atas dan bawah lebih baik lagi dimana desainnya terbilang sederhana namum efektif sehingga pabrikan mobil lainnya meminjam desain tersebut.

Bohin, pencipta sabuk pengaman tiga titik meninggal tahun 2002 silam dan berkat rancangannya tersebut Volvo memperkirakan sabuk pengaman sudah menyelamatkan lebih dari satu juta jiwa dalam empat dekade sejak dikenalkan. Setelah gaung tentang manfaat sabuk keselamatan tersebar luas di publik Amerika Serikat, hal ini kemudian membuat penjualannya meroket.

Beberapa perusahaan mobil menawarkan sabuk pengaman sebagai peralatan opsional dan ini dijual di pompa bensin lokal. Kendaraan Amerika sejak 1966 mengharuskan adanya sabuk pengaman di mobil dan tahun 1975 sebagian besar negara dunia memiliki syarat sabuk pengaman di mobil mereka.

Undang-undang sabuk pengaman pertama muncul tahun 1970 di Victoria, Australia yang mana mengharuskan penumpang menggunakan sabuk pengaman setiap dalam perjalanan. Sedangkan Amerika Serikat, undang-undang sabuk pengaman muncul saat adanya Undang-Undang Keselamatan Lalu Lintas Nasional dan Kendaraan Bermotor tahun 1966.

Meskipun mereka diharuskan oleh hukum untuk berada di mobil, mengenakan sabuk pengaman adalah cerita yang berbeda. Dewan Iklan Nasional menjalankan iklan yang tak terhitung jumlahnya selama 25 tahun plus mendorong pengemudi untuk “Buckle Up.” Negara perlahan mulai menerapkan undang-undang dan pada 1995, setiap negara bagian kecuali New Hampshire memiliki undang-undang “Klik atau Tilang”. Saat ini, semua negara bagian memiliki sabuk pengaman yang menegakkan hukum.

Baca juga: Ternyata, Sabuk Pengaman Lindungi Anda dari Lima Arah

Tahun 2001, Ford mendemonstrasikan sabuk pengaman tiupnya, sabuk bahu berisi airbag akan segera mengembang ketika mobil mengalami tabrakan. Pabrikan mobil lain mencari untuk membuat sabuk pengaman lebih nyaman dan nyaman untuk pengemudi.

Leave a Reply