Sambut Era New Midsize Airplane, Akankah Boeing 797 Jadi Suksesor 737?

Karya seorang netizen yang memperkirakan gambaran dari Boeing 797. Sumber: Pinterest

Mari tinggalkan sejenak pemberitaan negatif tentang Boeing yang sejak beberapa bulan ke belakang terseok-seok akibat dua kecelakaan maut yang melibatkan dua pesawat berjenis 737 MAX 8 yang masing-masing milik Lion Air dan Ethiopian Airines. Kini perusahaan asli Negeri Paman Sam ini tengah berupaya untuk tidak kehilangan momen dalam mengembangkan pesawat yang berjenis New Midsize Airplane (NMA), dan rencananya Boeing akan menggunakan susunan angka 797 untuk penamaan pesawat ini kelak.

Baca Juga: Gunakan Sayap Lipat nan Unik, Akankah Boeing 777X Jadi Pesawat Paling Efisien?

Era NMA yang diperkirakan akan dimulai pada beberapa tahun mendatang ini tentu saja disambut antusias oleh berbagai kalangan – tidak terkecuali Boeing selaku salah satu penyedia armada sejenis. Kendati terseok akibat kasus 737 MAX 8, namun internal Boeing mengatakan bahwa hal tersebut sama sekali tidak menunda pengembangan dari 797. Satu faktor yang tidak boleh dilupakan dalam pengembangan pesawat adalah tingkat kehematan bahan bakar – dan sudah tidak perlu ditanyakan lagi apakah Boeing 797 mengadopsi fitur tersebut atau tidak, karena jawabannya sudah pasti iya.

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman simpleflying.com (12/5/2019), dikabarkan pesawat ini nantinya tidak akan memiliki jendela, dan eksistensinya akan digantikan oleh sebuah layar dengan gambar yang diproyeksikan.

“Bayangkan sekarang ada sebuah pesawat yang ketika Anda lihat dari luar seperti tanpa jendela, tetapi ketika Anda masuk ke dalam, ternyata ada jendela … Sekarang Anda memiliki satu pesawat yang tidak memiliki kelemahan struktural karena jendela. Pesawat akan lebih ringan, pesawat bisa terbang lebih cepat, mereka akan membakar bahan bakar jauh lebih sedikit dan terbang lebih tinggi,” ujar Presiden maskapai Emirates, sir Tim Clark, dikutip dari artikel yang diterbitkan BBC pada tahun 2018 lalu.

Lebih ringan? Lebih cepat? Lebih struktural secara suara? Kedengarannya ini akan menjadi nilai jual yang bagus bagi Boeing 797. Namun aoa jadinya jika Boeing dihadapkan oleh para pengidap klaustrofobia (ketakutan terhadap ruang-ruang sempit)?

Baca Juga: Beberapa Hal Yang Terlupakan dari Nama Besar Boeing

Tidak menutup kemungkinan juga armada NMA ini kelak akan menjadi suksesor dari keluarga 737 yang seperti sudah disebutkan di atas, tengah tersandung masalah. Anda boleh berkhayal tentang bagaimana wujud dan kemampuan dari armada ini di masa yang akan datang, namun kembali lagi, hanya Boeing sajalah yang memiliki kendali penuh terhadap pesawat jenis ini.