Sambut Piala Dunia 2022, Qatar Perluas Kapasitas Bandara Internasional Hamad

0
(forbes.com)

Menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022, Qatar melakukan pembangunan infrastruktur secara besar-besaran dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan di Doha dilakukan pembukaan sejumlah museum, hotel, perpustakaan nasional dan tahap pertama dari Metro Doha yang dibuka awal tahun ini dengan jalur baru.

Baca juga: April 2020, Qatar Airways Terbangkan Airbus A350-900 Non-Stop dari Doha ke Osaka

Tak hanya itu, Bandara Internasional Hamad (HIA) sebagai hub dari Qatar Airways akan diperluas untuk meningkatkan kapasitas menjadi 53 juta penumpang pada tahun 2022 mendatang. Perluasan bandara ini akan membuat konektivitas lebih mudah baik penumpang transit atau yang akan mengunjungi Qatar.

(forbes.com)

Badr Mohammed Al Meer, Chief Operating Officer di HIA mengatakan, bandara mengalami perkembangan yang pesat, maka cara-cara penumpang untuk melewatinya akan ditingkatkan. Menurutnya salah satu yang akan ditingkatkan yakni memperlancar arus penumpang secara keseluruhan dengan meminimalkan jarak perjalanan untuk koneksi.

“Jika ini terlaksana selain berita bagus, area yang diperluas juga bisa mengurangi saat puncak kepadatan,” kata Badr yang dikutip KabarPenumpang.com dari laman forbes.com (23/10/2019).

Perluasan HIA juga akan menghadirkan lounge kelas bisnis yang jauh lebih besar dan lebih baik. Salah satunya yakni lounge bisnis Al Mourjan yang akan berukuran hampir 100 ribu kaki persegi dengan fasilitas spa, gimnasium, restoran dan pusat bisnis.

“Lounge saat ini adalah ruangan yang menarik tetapi jauh lebih baik ketika tidak terlalu padat dan karena lebih banyak penumpang yang terbang melalui Doha, maka ini akan terisi. Jadi fakta bahwa mereka membangun lounge baru yang cukup besar adalah berita bagus,” jelas Badr.

Selain lounge, pihak otoritas bandara mengatakan, terminal akan menjadi yang pertama di wilayah MENA (Timur Tengah dan Afrika Utara) untuk memperoleh peringkat bintang empat dari sistem penilaian keberlanjutan global. Terminal ini nantinya akan disertifikasi LEED Silver berkat efisiensi energinya.

Dalam bandara juga akan dihadirkan taman tropis indoor yang mirip Jewel di Bandara Changi yang memiliki taman tropis dan air terjun fantastis dalam ruangan yang bisa dikunjungi semua orang.

Baca juga: Dongkrak Pengalaman Penumpang, Singapore Airlines Siap “Rombak” Lounge di Changi

Bedanya, taman tropis di Singapura bisa dikunjungi masyarakat umum, tetapi di HIA akan hadir di dalam terminal dan hanya bisa diakses oleh semua penumpang. Dengan perluasan yang dilakukan ini, nantinya Doha akan mampu mengatasi berbagai masalah dan bisa menjadi pilihan menarik untuk melakukan perjalanan melalui salah satu hub terbesar di dunia ini.

Leave a Reply