Satu-Satunya, Jalur Kereta Api Melintasi Stadion Sepak Bola Hanya Ada di Slowakia

0
Kereta uap melintas di stasion klub sepak bola TJ Tatran Cierny Balog

Biasanya stadion sepak bola punya keunikan masing-masing dari luas lapangan, bentuk bangun dan interiornya atau berbagai hal lainnya. Namun bagaimana kalau di stadion ternyata ada sebuah jalur kereta dan masih aktif dilintasi kereta uap?

Baca juga: Ini Dia Deretan Stasiun Unik yang Terbengkalai dari Seluruh Penjuru Dunia

Jika bertanya-tanya dimana stadionnya? KabarPenumpang.com melansir laman independent.co.uk, ternyata stadion ini berada di Slowakia yakni yang dimiliki oleh klub TJ Tatran Cierny Balog. Unik memang, jalur kereta ini bahkan satu-satunya di dunia yang melewati tengah-tengah stadion sepak bola.

Rel keretanya pun membentang di sepanjang bagian depan stadion klub sepak bola TJ Tatran Cierny Balog. Sehingga ketika ada kereta yang melintas dan ada pertandingan, pandangan para penonton dan supporter akan berpaling untuk melihat sejenak kereta tersebut.

Bahkan tak jarang dari mereka justru terkesima sehingga banyak yang mengabadikan kereta yang melintas ditengah pertandingan sepak bola tersebut dalam rekaman video. Karena adanya jalur tersebut, dalam setiap pertandingan, para pemain harus lebih fokus ketika kereta uap melintas saat itu.

Apalagi ketika uap menyembul keluar dari corongnya dan peluit yang bunyi terdengar dengan keras. Bahkan pertanyaan-pertanyaan kerap kali muncul, bagaimana dengan bola yang ditendang dan terkena kaca keretayang melintas? Kemudian muncul pertanyaan lain bagaimana cara mengambil bola yang berada di garis dekat jalur?

Meski begitu belum ada jawaban yang pasti untuk mengetahuinya. Dulunya jalur kereta ini dibangun di Pegunungan Bijih Slovak sebagai rel kereta api hutan untuk operasi penebangan. Perencanaan untuk kereta api dimulai pada tahun 1898 dan pembangunan dimulai pada tahun 1908.

Kemudian tahun 1909, transportasi kayu reguler dimulai, antara Cierny Balog dan Hronec. Jaringan diperluas untuk mengangkut kayu dari hutan dan pada pertengahan abad ke-20, kereta api memiliki panjang total 131,97 km, jaringan kereta api kehutanan paling luas di Ceko Slowakia.

Pada 19 Juli 1927, lalu lintas penumpang diizinkan di jalur kereta api antara ierny Balog dan Hronec, yang beroperasi hingga 1962. Namun kemudian, kereta api ditutup pada tahun 1982, tetapi telah diberikan status warisan nasional sejak itu.

Baca juga: Stasiun Buckenham, Hanya Dilalui 79 Penumpang Setiap Tahunnya

Selama beberapa tahun berikutnya itu diperbaiki oleh penggemar dan dibuka kembali pada tahun 1992 sebagai kereta api warisan bagi wisatawan. Panjang jalurnya sekarang 17 km dari Chvatimech – Hronec – Cierny Balog – Vydrovo.

Leave a Reply