Satu Tahun Proyek Bandara Jewel Changi, Safdie Architects Rilis Film Pendek

0
Bandara Jewel Changi Singapura yang dilengkapi pusat perelanjaan dan taman (mymodernmet.com)

Bandara Jewel Changi Singapura yang sangat futuristik terlihat hampir tidak terasa nyata. Sebab bandara ini setengahnya sebagai pusat perbelanjaan bahkan pusat bandara pun setengahnya taman yang menyediakan sisi hiburan darat 24 jam untuk semua pengunjung.

Baca juga: Megah dan Bertabur Hiburan Mewah, Jewel Bandara Changi Siap Dibuka 17 April 2019

Nyatanya, Bandara Jewel Changi Tak terasa sudah satu tahun hadir untuk menemani pelancong dan penumpang yang transit atau tiba di Negeri Singa ini. Karena hal tersebut Safdie Architects, perang Jewel Changi merilis film untuk merayakan satu tahun proyek tersebut.

Safdie menghadirkan film pendek yang berisi bagian penting dari bandara Singapura yakni air terjun dalam ruangan tertinggi di dunia sebagai bintang utamanya. Selain itu lembah hutan yang mengelilinginya, taman empat lantai yang dipenuhi dengan ribuan jenis tanaman serta pohon.

KabarPenumpang.com melansir dari laman mymodernmet.com (22/11/2020), film pendek empat menit tersebut dibuat oleh Helen Han dengan judul Garden of Wonder. Film ini bisa membuat yang melihatnya seolah berada di sana dan menangkap keanggunan struktural desain dari Safdie.

Bahkan menawarkan sekilas program yang berpusat pada komunitas yang memupuk konektivitas dalam penggunaan normal bandara sehari-hari. Dalam karyanya ini, Helen berfokus pada dimensi eksperiensial arsitektur dan artikulasi serta terungkapnya berbagai narasi melalui berbagai mode representasi.

Helen menjelaskan bagaimana dia berharap dapat menjangkau mereka yang menonton film pendek tersebut.

“Saya menyadari hak istimewa untuk dapat belajar dan terpapar pada profesi arsitektur. Saya menawarkan pekerjaan saya sebagai lensa bersama, untuk mengekspos dan memperluas pemahaman kritis orang-orang terhadap peran arsitektur dalam membentuk lingkungan global,” kata Helen.

Sehingga bagi pelancong mancanegara yang belum menjadikan Bandara Changi Singapura dalam daftar tujuan perjalanan, bisa memasukkannya. Selain menikmati hiburan dari air terjun, pelancong juga bisa berinteraksi di taman, jaring langit dan labirin pagar.

Baca juga: Jewel Changi, Berawal dari Ide Tempat Parkir Kini Menjadi Taman Spektakuler Dalam Ruangan

Diketahui, Bandara Changi Singapura mendapatkan gelar Bandara Terbaik Dunia selama delapan tahun berturut-turut. Safdie Architects adalah biro desain arsitektur yang dimiliki oleh Moshe Safdie, seorang arsitek Israel-Kanada yang lahir pada 14 Juli 1938.  Safdie terkenal sebagai desainer perkotaan, pendidik, ahli teori, dan penulis. Dia paling dikenal dengan merancang Marina Bay Sands dan Bandara Jewel Changi.

Leave a Reply