Selain Lokomotif Vectron Dual Mode, Inilah yang Akan Dipamerkan Siemens di InnoTrans 2018!

Sumber: Railway Technology

Siemens Mobility dan mitra pengembangan ViP Verkehrsbetrieb Potsdam diketahui akan mempresentasikan proyek penelitian mereka yang bertujuan untuk mengembangkan trem otonom pertama di dunia. Siemens Mobility yang berbasis di Berlin, Jerman ini rencananya akan mendemonstrasikan trem otonom di jalur sepanjang 6 km di Postdam, Jerman – dimana demonstrasi ini merupakan bagian dari perhelatan InnoTrans 2018 yang diadakan pada 18-21 September mendatang.

Baca Juga: Trem Listrik, Mantan Primadona Transportasi Arek Suroboyo

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman railway-technology.com (4/9/2018), adapun armada yang akan digunakan pada saat demonstrasi ini adalah Combino Tram buatan Siemens yang didapat dari ViP Verkehrsbetrieb Potsdam. Keandalan moda akan diuji di sini, dimana salah satu yang menjadi permasalahan dalam menghadirkan moda otonom adalah soal bagaimana moda ini bisa mengidentifikasi rintangan yang ada di hadapannya.

Selain itu, Combino Tram juga akan dihadapkan pada skema lalu lintas seperti biasa, tanpa ada skema uji coba. Di sini, beberapa fitur Light Detection And Ranging (LIDAR), radar, dan sensor kamera akan mendeteksi lingkungan di sekitar moda dan menjalankan fungsi algoritma yang kompleks untuk menginterpretasikan data yang diperoleh dan memberikan respons yang tepat.

Trem otonom canggih ini mampu merespons sinyal trem, berhenti di perhentian tertentu, serta langsung merespons pergerakan kendaraan lain dan pejalan kaki yang menyeberang. “Kami yakin bahwa trem ini sudah menguasai fungsi operasi penting dalam berlalu lintas – dan ini akan kami buktikan ketika acara tersebut, tutur CEO Siemens Mobility, Sabrina Soussan.

“Sebuah tonggak penting tercipta manakala sistem anti tabrakan ‘Siemens Tram Assistant’ telah membantu kami untuk mematangkan Combino Tram,” tandasnya. Sabrina yakin bahwa dengan mengkombinasikan teknologi canggih, ketelitian yang mendetail, dan moda yang mumpuni maka akan tercipta sebuah keamanan dan keselamatan dalam berkendara, “baik perjalanan lokal maupun jarak jauh,”

Baca Juga: Siemens Mobility Siap Pamerkan Lokomotif yang Bisa Beroperasi dengan Dua Metode

Sebelumnya, Siemens Mobility juga akan memamerkan salah satu mahakaryanya pada pagelaran InnoTrans 2018, yaitu Lokomotif Vectron Dual Mode. Sesuai dengan namanya, lokomotif ini sengaja diciptakan untuk mengular di dua medan yang berbeda – jalur yang dialiri listrik dan jalur biasa.