Selain Sabet Rute Domestik Tersibuk, Ini Sederet Prestasi Penerbangan Indonesia di Februari 2021

0
Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta (Soetta) mendadak viral akibat dipenuhi calon penumpang tanpa adanya protokol kesehatan. Foto: Twitter @indomostviral

Penerbangan internasional Indonesia memang masih belum bisa diharapkan, namun tidak demikian dengan rute domestik. Dalam survei terbaru lembaga analisis penerbangan global OAG yang berbasis di Inggris di bulan Februari 2021, dua rute domestik Indonesia berhasil menempati posisi tujuh dan kesembilan tersibuk di dunia.

Baca juga: 10 Maskapai dan Rute Narrowbody Jarak Jauh Terbesar di Dunia, Ada Maskapai Indonesia?

Selain itu, Indonesia juga mencatat dua prestasi lainnya di bulan ini. Dua itu ialah menempati posisi ketujuh pada kategori 20 bandara dengan kapasitas keberangkatan domestik berjadwal tersibuk di dunia dan 20 negara teratas di dunia dengan kapasitas penerbangan berjadwal.

Dilansir dari laman resminya, posisi pertama rute domestik tersibuk di dunia bulan Februari 2021 ditempati oleh rute dari Bandara Internasional Jeju menuju Bandara Gimpo Seoul di Korea Selatan. Diperingkat kedua sampai keempat berturut-turut diisi oleh rute-rute di Asia, yaitu rute dari Bandara Hanoi ke Ho Chi Minh di Vietnam, Bandara Chitose Sapporo ke Haneda Tokyo, dan Bandara Fukuoka ke Haneda Tokyo di Jepang.

Masuk lima besar rute tersibuk di dunia pada bulan Februari 2021 masih ditempati oleh rute Asia, sekalipun bukan Asia Pasifik, melainkan Asia Barat atau Timur Tengah, yaitu rute Jeddah-Riyadh. Rute lain di Korea Selatan juga kembali masuk ke jajaran rute domestik tersibuk, diwakili oleh rute dari Bandara Gimpo Seoul-Busan.

Tetangga Korea Selatan, Jepang, juga menempati wakil lain di posisi ke-10 dalam jajaran tersebut, yaitu rute Tokyo Haneda-Okinawa Naha. Satu-satunya rute di luar Asia dalam jajaran rute domestik tersibuk di dunia pada bulan Februari 2021 ini adalah rute dari Bandara Cancun-Mexico City, Meksiko, yang menempat posisi kedelapan.

Sedangkan dua rute tersibuk di dunia dari Indonesia menempati posisi ketujuh dan kesembilan. Posisi ketujuh ada rute Jakarta-Medan Kualanamu dengan 382.975 kursi dan di posisi kesembilan diisi oleh rute Jakarta-Makassar dengan 370.931 kursi, jauh tertinggal memang dibanding posisi pertama dan kedua yang berturut-turut mencapai hampir 1,2 juta kursi dan 1,1 juta kursi.

Baca juga: Inilah 6 Negara dengan Jumlah Bandara Terbanyak di Dunia, Nomor 6 dari Asia! Indonesia, kah?

Di samping masuk jajaran rute domestik tersibuk di bulan Februari 2021, Indonesia juga masuk ke jajaran 20 bandara dengan kapasitas keberangkatan domestik berjadwal tersibuk di dunia, dimana Bandara Soekarno-Hatta menempati posisi ketujuh dan 20 negara teratas di dunia dengan kapasitas penerbangan berjadwal, dimana Indonesia menempati posisi keempat, di bawah Amerika Serikat, Cina, dan India.

Kendati sederet prestasi ini hanya di bulan Februari, namun, bukan tak mungkin jika penanganan virus Corona jauh lebih baik dan perkembangan kasus aktifnya jauh menurun, industri penerbangan Indonesia akan lebih cerah dan mencetak sederet prestasi lainnya.

Leave a Reply