Selundupkan Burung di Gulungan Rambut, Tiga Orang Diamankan Petugas Bandara

0
Burung kutilang diselundupkan di hair roller. Foto: U.S. Customs and Border Protection

Berbagai cara dilakukan oleh para oknum kejahatan untuk bisa meloloskan barang-barang ilegal dari pemeriksaan petugas. Terbaru, sekitar tiga lusin burung kutilang ditemukan petugas Bandara JFK tersembunyi di hair roller atau gulungan rambut di dalam koper.

Baca juga: Kedapatan Menyelundupkan Rokok, Wanita Asal Korea Selatan Dideportasi dari Australia!

Upaya penyelundupan burung kutilang secara ilegal itu terjadi sekitar sebulan yang lalu. Ketika itu, seorang pria 36 tahun tiba di Bandara Internasional John F. Kennedy, New York, Amerika Serikat (AS) dari Guyana.

Sejak awal, petugas memang sudah mencurigai gerak-gerik penumpang tersebut. Setelah melewati body scanner, ia tampak aman-aman saja. Barulah ketika bagasinya melewati mesin X-Ray, terdapat kejanggalan dan setelah dibongkar, petugas menemukan tiga lusin burung kutilang hidup di dalam hair roller. Masing-masing burung dimasukkan ke dalam satu hair roller.

Kendati tidak sampai ditahan dan diadili di pengadilan AS, namun, pria tersebut seumur hidup dilarang masuk ke AS. Tak cukup sampai di situ, pria yang identitasnya tak disebut secara jelas ini juga didenda sebanyak US$300 dan dipulangkan ke negara asalnya hari itu juga.

Insiden tersebut tentu bukan kali pertama terjadi. Sebelumnya, pada pertengahan Maret lalu atau berjarak kurang lebih tiga pekan sebelumnya, seorang pria 26 tahun juga pernah kedapatan membawa burung kutilang ilegal di dalam hair roller yang diletakkan di dalam koper.

Entah kebetulan atau memang satu komplotan, oknum penumpang tersebut juga datang ke Bandara JFK dari Guyana. Total ada sekitar 29 butung kutilang hidup yang hendak diselundupkan. Setelah diinterogasi, ia hendak menuju sebuah alamat di New Jersey, AS.

Sama seperti kejadian pada April lalu, oknum tersebut juga tak sampai diadili menurut hukum AS, tetapi hanya didenda sebesar US$300 dan dilarang masuk AS seumur hidup. Ia pun dideportasi ke Guyana sehari kemudian.

Setali tiga uang, penyelundupan burung kutilang lainnya juga melibatkan pria lain dari Guyana. Hanya saja, berbeda dengan dua lainnya, pria ini menyelundupkan burung kutilang hidup di hair roller yang ia kenakan di rambut, bukan hair roller yang diletakkan di dalam koper.

“Penyelundupan burung-burung ini dengan hair roller menunjukkan betapa ngerinya perdagangan satwa liar,” kata Ryan Noel, Agen Khusus Kantor Penegakan Hukum Perlindungan Ikan dan Satwa Liar AS.

Baca juga: Dua Batang Emas Senilai Rp897 Juta Diselundupkan di Sol Sandal Penumpang Pesawat

Menurut laporan thedenverchannel.com, maraknya penyelundupan satwa liar itu erat kaitannya dengan kontes burung kutilang di New York. Selama ini, burung kutilang dari Guyana memang terkenal memiliki suara merdu dan kerap memenangi lomba berskala internasional.

Usai memenangi lomba, biasanya harga jual burung tersebut melonjak drastis. Bahkan, ada yang sampai laku terjual sampai US$10 ribu atau sekitar Rp142 juta.

Leave a Reply