Sempit! Bilik Toilet Boeing 737 Max Hanya Berukuran 24 Inci

0
Kunci rahasia di balik tulisan toilet (The Sun)

Dengan dalih untuk memaksimalkan konfigurasi kursi kelas ekonomi, beragam hal telah disiasati oleh manufaktur pesawat dan maskapai untuk menambah jumlah kapasitas kursi. Sebagai akibatnya seat pitch semakin kecil, yang tak jarang dikeluhkan oleh penumpang. Lain dari itu ada usaha untuk memperkecil ukuran bilik toilet di pesawat komersial, yang sejatinya ukurannya pun memang sudah ‘sempit.’ Kabar terbaru tentang desain ukuran toilet datang dari pesawat anyar Boeing 737 Max.

Baca juga: Dilema Seat Pitch, Maskapai Tambah Untung Penumpang Merana

Boeing 737 Max yang diluncurkan tahun lalu disebut-sebut sebagai pesawat regional masa depan. Sayangnya ada satu masalah dalam pesawat ini adalah toilet yang sangat kecil dan wastafel sangat kecil serta hanya bisa mencuci tangan dalam satu waktu. KabarPenumpang.com melansir dari laman telegraph.co.uk (23/1/2018), bahwa masalah kecilnya toilet pesawat ini dikeluhkan oleh awak kabin di American Airlines yang baru-baru ini mengatakannya pada CEO mereka. Mereka mengatakan saat menggunakan wastafel tersebut karena berukuran kecil beresiko pakaian tersiram air saat akan mencuci tangan.

Tak hanya itu, bagian belakang pesawat juga dikeluhkan sangat sempit sehingga saat pintu dari dua toilet paling belakang dibuka, awak kabin tidak akan bisa keluar dan tak bisa ke lorong untuk membantu penumpang. Dari laporan-laporan tersebut, untungnya satu masalah tentang air keran terselesaikan, dimana kekuatan aliran air di kurangi.

Kemudian untuk masalah akses awak kabin sampai saat ini masih terus dicari jalan keluar terbaiknya. Seorang ahli perjalanan yang terbang dengan Boeing 737 Max baru-baru ini mengatakan, melihat dua penumpang terjebak di kamar mandi dan harus mengimbangi diri mereka untuk keluar dari ruang sempit dengan ukuran 24 inci atau sekitar 61 cm.

Toilet di kabin Ryanair (Thepointsguy.com)

Ahli perjalanan tersebut menambahkan, setelah selesai dari toilet salah seorang penumpang bercanda dengan penumpang lain agar masuk dengan hati-hati karena tidak ada tempat berbalik saat sudah masuk ke dalam. Hingga kini diketahui 12 maskapai sudah memesan pesawat jenis Boeing 737 Max ini yakni Flydubai, Lion Air, Garuda Indonesia, Southwest Airlines, GECAS, SpiceJet, United Airlines , Air Lease Corporation, Norwegian, Ryanair, AerCap, American Airlines dan VietJet Air.

Ryanair mengatakan bahwa pesawat Boeing 737 Max adalah gamecharager, dimana lebih banyak tempat untuk kenyamanan pelanggan, baik itu ruang untuk kaki dan kompartemen atas yang lebih besar karena perancangan ulang pada pesawat tersebut. Sedangkan American Airlines mengatakan, Max adalah pesawat baru yang hebat dengan kompartemen atas lebih besar dan koneksi internet berbasis satelit yang dirancang bisa lebih cepat.

“Kami mulai menerbangkan pesawat tipe ini tanggal 29 November dan tiga orang bertugas hari ini dan lebih banyak lagi di perjalanan,” ujar pihak American Airlines.

Baca juga: Setiap Pintu Toilet di Kabin Pesawat Ternyata Punya “Kunci Rahasia”

“Seperti halnya pesawat baru, kami melakukan beberapa penyesuaian untuk memperbaiki pengalaman pelanggan. Misalnya, kita sudah memecahkan masalah percikan wastafel dengan memasang aerator. Kami selalu mencari cara untuk memperbaiki pengalaman perjalanan bagi pelanggan dan anggota tim,” ujar Presiden American Airlines Robert Isom yang ikut dalam penerbangan dengan boeing 737 Max.

Leave a Reply