Serba-serbi Private Jet Pangeran Al Waleed bin Talal: Singgasana Emas dengan 11 Pramugari

0
Pangeran Al Waleed bin Talal. Foto: Al Bawaba

“Orang kaya mah bebas”. Begitu kira-kira ungkapan anak zaman now saat merespon tingkah konglomerat dunia dalam menyalurkan hobi dan keinginannya. Salah satunya Pangeran Al Waleed bin Talal.

Baca juga: Potret Pesawat Pribadi Donald Trump, Dahulu Paling Mewah Sekarang Paling Butut

Orang terkaya ke-45 versi Forbes ini (kendati harta sesungguhnya dipercaya jauh lebih dari sekedar urutan ke-45), diketahui membeli pesawat Boeing 747-400 pada tahun 2003 silam. Setelah itu, pesawat tersebut direnovasi sedemikian rupa sampai tak lagi layak disebut pesawat, melainkan istana terbang. Saking mewahnya.

Bagaimana tidak mewah, dari rekaman video yang beredar di YouTube, pesawat super mewah itu setiap sudutnya dihiasi dengan marmer berkualitas tinggi. Pesawat berharga Rp3 triliun itu juga memiliki dua kamar tidur mewah, meja makan untuk 14 orang, ruang hiburan, sampai ruang meeting.

Tak hanya itu, banyak bagian dari private jet Pangeran Al Waleed bin Talal ini juga berlapiskan emas, seperti gagang pintu, tiang penopang lantai bawah dan atas, kran toilet, kamar, dan lain sebagainya.

Yang paling monumental tentu singgasana emasnya di bagian tengah pesawat, menjadikannya bak raja di raja. Selama penerbangan, sebagaimana dikutip dari Simple Flying, pelayannya juga sangat banyak, mencapai setidaknya 11 pramugari. Itu belum termasuk pelayan pribadinya.

Pangeran dengan kekayaan mencapai US$19 miliar, pemilik perusahaan investasi Kingdom Holding Co, serta mempunyai saham di perusahaan-perusahaan besar macam Citigroup, Apple, Twitter, Lyft, 21st Century Fox, JD.com, dan sejumlah hotel mewah di dunia seperti The Plaza di New York, Savoy Hotel di London, George V di Paris, serta jaringan operator hotel Accor, tersebut juga diketahui memiliki private jet lainnya berbasis pesawat komersial terbesar di dunia, Airbus A380.

Istana terbang cucu mendiang Raja Abdulaziz Al-Saud berharga Rp6,6 triliun dilengkapi dengan jacuzzi, ruang tidur mewah, ruangan rapat, tempat makan, ruang rekreasi, empat ruang VIP suite khusus untuk keluarga dan tamu VIP sang pangeran, garasi yang bisa memuat dua mobil Rolls-Royce, serta ruangan salat yang sajadah elektroniknya bisa bergerak sendiri menghadap kiblat.

Baca juga: Kisah “Azab” Big Bunny, Pesawat Private DC-9 Mewah Milik Bos Majalah Playboy

Selain itu, di dalam private jet istana terbang ini juga terdapat kamar mandi bergaya Turki dan seluruh ruangan pesawat di warnai dengan warna khas kerajaan, pernak-pernih mewah, ruang makan mewah, dapur mewah serta sofa-sofa kelas atas.

Tak ayal, dengan berbagai kemewahan tersebut, private jet A380 Pangeran Al Waleed bin Talal disebut sebagai yang termewah di dunia dan tentu saja terbesar.

Kendati demikian, pada tahun 2013 silam, private jet tersebut dijual pangeran, setelah menemaninya selama kurang lebih enam tahun. Tak disebutkan dengan jelas alasan mengapa private jet itu dijual. Yang pasti bukan karena butuh uang, ya.