Setelah India, Google Station Siap Tebar Free WiFi Gratis di Indonesia

Flash back ke tahun 2015, Google saat itu mencanangkan proyek penggelaran akses WiFi gratis di 400 stasiun kereta di beberapa kota di India. Dan sesuai target, pada September 2016 proyek instalasi Google Station telah berhasil dirampungkan. Dan setelah India, ternyata Google menjadikan Indonesia sebagai negara kedua dalam penggelaran proyek WiFi gratis di berbagai saran transportasi, termasuk stasiun dan bandara. Terkait dengan rencana baik tersebut, Google telah mengadakan pembicaraan dengan penyedia akses internet di Tanah Air, seperti Fiberstar dan CBN.

Baca juga: Ookla: Bandara di India Tempati Urutan Empat Asia dengan Kecepatan WiFi Terbaik

Program dari Google ini berjalan dengan memberikan alat pada mitra usaha untuk lebih mudah mengatur hotspot milik Google. Google akan mengelola kualitas koneksi WiFi tersebut menggunakan berbagai software buatannya. Sedangkan CBN dan FiberStar berperan menyediakan kabel dan akses internet yang akan disebarkan sebagai WiFi. Dilansir KabarPenumpang.com dari fortune.com (24/8/2017), pada peluncuran pertamanya di Indonesia, Google Station akan mencakup ratusan stasiun di wilayah pulau Jawa dan Bali, terutama di Jakarta, Surabaya, Denpasar, Bandung, lalu kota-kota lain. Saat yang sama juga, Google merilis layanan Go YouTube di Indonesia.

Aplikasi ini mempermudah orang untuk menonton video di YouTube dengan koneksi data seluler yang terbatas. Ini pertama kali dilakukan juga di India. Titik Google Stasion sendiri bisa digunakan secara bebas. koneksi Google Station bakal lebih baik dibanding kebanyakan WiFi publik. Penggunanya nanti bakal merasakan kecepatan internet tinggi, bisa dengan mudah streaming video HD dan mengakses berbagai layanan dasar seperti email. Google Station sendiri saat ini sudah ada di India. Raksasa internet tersebut memasangnya melalui kerja sama dengan operator lokal, RailTel dan Indian Railways.

Baca juga: 20 Bandara Ini Dipercaya Punya Akses WiFi Terbaik di Dunia

Google mengatakan, Indonesia nantinya akan menjadi negara pertama yang bisa melihat hasilnya karena disesuaikan secara lokal. Untuk mencari pertanyaan tentang kesehatan, Google bermitra dengan kelompok rumah sakit Indonesia Mitra Keluarga yang membantu Google merinci gejala dan perawatan umum untuk 700 kondisi kesehatan paling umum terjadi di Indonesia.