She Taxi di India Kembali Beroperasi Setelah Diberhentikan Tahun 2018

0
She Taxi (newindianexpress.com )

She Taxi diluncurkan tahun 2014 dan beroperasi di bawah inisiatif Taman Gender dari Departemen Keadilan Sosial dan Pengembangan Perempuan Negara Bagian Kerala, India. Ini adalah satu-satunya layanan taksi yang datang untuk membantu orang tua dan orang sakit.

Baca juga: 57 Persen Orang India Lebih Suka Naik Taksi Online Dibanding Taksi Konvensional

Sayangnya layanan She Taxi sempat dihentikan operasinya pada 2018 lalu karena masuknya layanan ride hailing lain seperti Ola dan Uber yang membuat berkurangnya peluang. Seorang pengemudi bernama Mini Latheesh yang bergabung sejak 2014 sampai She Taxi berhenti beroperasi di 2018 tidak bisa melepas hasrat mengemudi dan bergabung dengan Uber untuk sementara waktu.

Namun ketika virus corona menjadi pandemi, She Taxi mulai melanjutkan layanan mereka dan Mini menjadi yang pertama bergabung di Ernakulum. Dia mengatakan, She Taxi saat ini melaju ke garis terdepan dan memperkuat posisinya dengan sistem pemesanan online serta diketahui meluncurkan layanannya sejak 5 April 2020 kemarin.

“Sebagian besar mantan mitra bergabung segera ketika layanan diluncurkan kembali. Tidak seperti waktu sebelumnya, kami memiliki aplikasi yang didedikasikan untuk hal yang sama, sehingga orang lebih sering menggunakan layanan ini. Karena tidak mungkin angkutan umum akan beroperasi kembali lebih cepat, kami berharap She Taxi akan memiliki banyak peminat. Sekarang wahana utamanya berbasis di rumah sakit, ”kata Mini yang dikutip KabarPenumpang.com dari newindianexpress.com (15/5/2020).

Meskipun suami Mini bekerja sebagai pengemudi Ola, dia belum memulai kembali pekerjaannya. Sampai saat itu, semua harapan terletak pada Mini.

“Meskipun layanan 24/7, saya tidak pernah menghadapi kesulitan multitasking. Biasanya, saya lebih suka naik wahana setelah ketiga anak saya kembali dari sekolah,” kata ibu berusia 37 tahun itu.

Selain Mini, ada Ramla Beevi yang juga tinggal di Ernakulum dan menjadi pencari nafkah tunggal bagi keluarganya. Beevi mengaku dirinya selalu sika mengemudi dan warna taksi menjadi nilai tambah bagi dirinya. Beevi juga sebelumnya bergabung dengan She Taxi sejak 2014.

“Ini memang kesempatan kerja bagi beberapa wanita, terutama pada saat-saat yang sulit. Namun, kami hanya bisa bergerak maju dengan kerja sama publik. Untuk beberapa wanita yang tiba larut malam di stasiun kereta api, bandara atau tempat pemberhentian bis, layanan She Taxi mungkin merupakan pilihan paling aman. Kami mengikuti tarif perjalanan sesuai instruksi pemerintah dan memungut biaya yang lebih tinggi hanya setelah 22:00. Sayangnya, banyak orang memilih opsi yang murah daripada keamanan, ”katanya.

Selama penguncian, Beevi mengantar beberapa pasien ke sesi kemoterapi dan dialisis mereka. “Layanannya gratis untuk orang-orang di bawah BPL,” tambahnya.

Sedangkan bagi Nimmya K R, mengemudi dan kecintaan bawaan untuk bepergian menuntunnya bergabung dengan She Taxi. Terlepas dari jeda dalam layanan, ia terus melakukan perjalanan untuk pelanggan secara pribadi.

“Karena pandemi, kami dilengkapi dengan sarung tangan, masker, dan sanitiser. Tombol panik juga dipasang di kabin,” kata perempuan 31 tahun.

Sheeja Prasanna Kumar, bendahara dan koordinator dari She Taxi Owners ‘and Drivers’ Federation, mengatakan terlepas dari biaya dan gangguan taksi online, She Taxi selalu merupakan layanan yang terpuji.

“Sekarang kami memiliki sistem pemesanan online dan ‘Global Track’, vendor pihak ketiga yang telah meningkatkan layanan She Taxi. Sementara taksi sebagian besar untuk orang tua dan orang sakit selama kurungan, mereka sekarang terbuka untuk semua. Kami memiliki sekitar 10 taksi yang beroperasi di Ernakulam dan delapan di Thiruvananthapuram. Kami juga memiliki beberapa pengemudi wanita yang sudah terdaftar tetapi tidak memiliki kendaraan dan banyak yang membutuhkan lebih banyak latihan. Yang terakhir sedang dilatih di sekolah mengemudi, “katanya.

Baca juga: Di India, Suzuki Ertiga Hadir Dalam ‘Setelan’ Taksi Lho!

Layanan She Taxi saat ini dilengkapi dengan sistem pemesanan online dan ‘Global Track’, vendor pihak ketiga yang telah meningkatkan layanan ‘She Taxi’. Ada sekitar sepuluh taksi di Ernakulam.

Leave a Reply