Siap-siap, Lowongan Kerja 60 Ribu Pilot Bakal Dibuka!

0
Ilustrasi pilot. Foto: British Airways

Di tengah hancurnya industri penerbangan akibat pandemi virus Corona, pilot di seluruh dunia banyak yang non job alias nganggur. Jangankan pilot baru, pilot senior nan berpengalaman sekalipun banyak yang tak terserap dunia kerja saat ini.

Baca juga: Kabar Baik dari Hasil Kajian Boeing: Industri Penerbangan Butuh 763.000 Pilot

Kendati demikian, melesatnya jumlah penumpang pada 2030 mendatang dipercaya membutuhkan sekitar 60 ribu pilot di seluruh dunia. Terdekat, pada 2025 mendatang, dunia setidaknya butuh 34 ribu pilot. Angka itu bisa saja meleset menjadi sekitar 50 ribu pilot. Karenanya, jangan lupa siapkan Complete Pilot Selection Handbook kalian ya.

Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) pada tahun 2018 silam pernah memprediksi bahwa jumlah penumpang yang bepergian melalui udara akan mencapai 8,2 miliar pada tahun 2037.

Sebelum Covid-19 mewabah, 40,3 juta penerbangan dijadwalkan lepas landas di seluruh dunia pada tahun 2020, meskipun pada akhirnya harus turun menjadi sekitar 23,1 juta dan diperkirakan akan tetap rendah di 2021.

Diperkirakan, paling cepat, jumlah penumpang akan kembali ke titik itu pada 2024 mendatang, dimana penerbangan domestik akan lebih dahulu kembali normal dibanding penerbangan internasional. Itu artinya, kebutuhan pilot sebagaimana di tahun 2019 akan terulang dan kabar baiknya pilot-pilot yang ada belum mampu memenuhi itu.

Menurut studi terbaru oleh Geoff Murray dari Oliver Wyman, perusahaan konsultan manajemen terkemuka di Amerika Serikat (AS), sebelum mencapai 2024 pun, industri penerbangan, dalam hal ini maskapai, diprediksi sudah mulai kekurangan pilot mulai tahun 2023. Bila industri penerbangan bisa kembali pulih lebih cepat, itu artinya akhir tahun ini kebutuhan pilot maskapai sudah mulai melonjak.

Disebutkan, tingginya kebutuhan industri terhadap pilot terjadi berkat dua kondisi yang berlawanan. Di satu sisi industri penerbangan mulai kembali pulih. Di sisi lain, pilot-pilot senior yang sudah malang-melintang memutuskan pensiun dan tak kembali ke dunia penerbangan lagi. Diperkirakan, ada sekitar 25 – 35 ribu pilot yang mengambil jalan itu.

Karenanya, dengan kombinasi paling menguntungkan itu, akhir dekade ini dunia mengalami kekurangan sebanyak 60 ribu pilot.

Baca juga: Kabar Baik, Maskapai Buka Lowongan dan Butuh Banyak Pilot! Segini Jumlahnya

Sebelum itu terjadi, beberapa maskapai penerbangan sudah merencanakan program pilot training in-house. Diharapkan, ini akan membantu calon pilot untuk lolos sertifikasi.

Dari berbagai kondisi di atas, mulai dari banyaknya pilot senior yang tak lagi berminat terbang, melonjaknya jumlah penumpang, hilangnya beberapa hambatan, menurut sebagian pengamat, inilah saat yang tepat untuk terjun ke dunia penerbangan dan menjadi pilot andal.

LEAVE A REPLY