Siemens Mobility Siap Pamerkan Lokomotif yang Bisa Beroperasi dengan Dua Metode

Vectron Dual Mode. Sumber: railway-technology.com

Sebuah perusahaan transportasi yang berbasis di Berlin, Jerman, Siemens Mobility diketahui akan membuat sebuah gebrakan yang dipercaya akan mengguncang dunia transportasi, terutama kereta api pada perhelatan InnoTrans 2018 yang akan diselenggarakan pada 18-21 September mendatang. Pasalnya, perusahaan ini akan merilis Lokomotif Vectron Dual Mode.

Baca Juga: Bagaimana Cara Kerja Lokomotif Diesel Elektrik? Cek Jawabannya di Sini!

Sesuai dengan namanya, lokomotif ini bisa mengular dengan dua metode – diesel dan listrik. Sebagaimana yang kita ketahui bersama, pengoperasian moda dengan menggunakan tenaga listrik membawa sejumlah manfaat, diantaranya adalah penghematan biaya bahan bakar, biaya perawatan yang bisa ditekan, dan juga ramah bagi lingkungan.

Seperti yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman railway-technology.com (30/8/2018), selain dapat beroperasi di jalur yang dialiri listrik, Lokomotif Vectron Dual Mode ini dapat dialihkan ke mode diesel untuk beroperasi di jalur yang tidak dialiri listrik. Tentu saja terobosan seperti ini akan diminati oleh berbagai negara yang menjadikan kereta api sebagai salah satu tulang punggung di sektor transportasinya.

“The Vectron Dual Mode menggabungkan yang terbaik dari dua sisi: ia memiliki mesin diesel yang kuat dan bandel serta dilengkapi juga untuk operasi dalam versi listrik,” tutur CEO Siemens Mobility, Sabrina Soussan. “Di mana pun ada jaringan listrik di atas (Overhead Power Line), lokomotif berjalan dengan tenang tanpa emisi, menghemat bahan bakar dan biaya perawatan,” tandasnya.

Secara tersirat, sebenarnya lokomotif ini khusus dikembangkan untuk memindahkan muatan (freights) di Jerman – kampung halamannya. Namun Siemens melihat ada peluang bisnis di sini dan kini mereka tengah mempersiapkan segala sesuatunya supaya pada akhir bulan September ini, pemesanan secara massal sudah bisa dilakukan.

Baca Juga: Kereta Listrik Diesel Keluaran Siemens, Solusi Pertumbuhan Populasi di Amerika

Lokomotif dengan berat metrik 90 ton ini mampu mengular di jalur yang dialiri listrik 15kV. Dilengkapi dengan sistem keamanan kereta Punktförmige Zugbeeinflussung (PZB), kereta ini memakan tenaga 2.000kW. Terlepas dari mode listriknya, lokomotif ini sendiri mampu menampung bahan bakar diesel hingga 2.500 liter dan dapat ‘berlari’ hingga kecepatan maksimal 160km/jam.

“Dengan Vectron Dual Mode, kami telah mengembangkan alternatif yang berkelanjutan, ramah lingkungan dan sangat hemat biaya di kelas lokomotif diesel konvensional.” tutup Sabrina.