Sistem PocketView Hadirkan Pesan LED Melalui Pakaian

0
Di antara aplikasi potensial lainnya, PocketView dapat memperingatkan pemakainya tentang email masuk saat ponsel cerdas mereka tidak dapat diakses. Foto: University of Waterloo

Teknologi ikut merambah dunia fesyen. Di mana kain pintar yang dapat digunakan menjadi pakaian yang nantinya menampilkan data. Seperti sistem PocketView yang bisa menyinari tampilan melalui bahan tekstil yang ada.

Baca juga: Masker LED Desain Chelsea Klukas Jadi Gaya di Masa Pandemi

Dilansir KabarPenumpang.com dari newatlas.com (12/10/2021), saat ini sistem tersebut dalam pengembangan di Universitas Waterloo Kanada. Yang mana pengaturan PocketView akan memiliki bentuk perangkat datar dengan kisi LED intensitas tinggi di permukaan depannya dan pas di dalam saku pakaian pemakainnya. Teknologi ini bahkan bisa langsung dibuat ke perangkat yang ada seperti pelacak kebugaran atau dapat berfungsi sebagai tampilan sekunder yang terhubung dengan Bluetooth dan mudah dilihat untuk gadget host yang tidak dapat diakses seperti ponsel pintar.

Idenya adalah ketika pemakainya perlu diberitahu tentang hal-hal seperti email masuk atau pesan teks, PocketView akan menampilkan peringatan yang sesuai dalam bentuk simbol gaya dot-matrix resolusi rendah yang bersinar melalui pakaian mereka. Setelah diakui, pemberitahuan tersebut dapat ditutup dengan mengetuk layar dua kali melalui kain.

Selain itu, dengan mengetuk perangkat sekali, pengguna dapat melihat tampilan yang menawarkan data seperti waktu, kondisi cuaca, statistik kebugaran (saat berolahraga) atau panah kiri/kanan navigasi yang menunjukkan arah mana yang harus berbelok sambil berjalan. Dalam pengujian yang dilakukan sejauh ini, PocketView telah mampu menonjolkan tampilannya melalui kain termasuk katun tebal dan poliester, dalam berbagai gaya pakaian dan saku.

Baca juga: 8.015 Bohlam LED Maskapai Flyadeal Bertuliskan “Shukran” Sukses Pecahkan Rekor Dunia

“Ini adalah tampilan yang menunjukkan informasi minimal. Itu cukup baik jika Anda berjalan atau bersepeda, misalnya, untuk menunjukkan petunjuk navigasi dasar. Atau katakanlah Anda menerima pesan dan tidak ingin mengalihkan perhatian dari apa yang Anda lakukan. Anda dapat mengintip layar dan lihat pemberitahuannya,” kata mahasiswa PhD Antony Albert Raj Irudayaraj.

Sebuah makalah tentang penelitian ini sedang dipresentasikan melalui Simposium ACM 2021 online tentang Perangkat Lunak dan Teknologi Antarmuka Pengguna.