Softtop Mudahkan Pengendara Sepeda Saat Musim Hujan Tiba

0
Softtop diklaim kompatibel dengan hampir semua sepeda bergaya tegak tradisional. Foto: RainRider

Jika musim hujan tiba, pengendara sepeda cukup terkena imbasnya dan jika menggunakan payung akan sulit sehingga harus menggunakan jas hujan. Hal ini karena payung sulit untuk dipegang pengendara sepeda untuk menghindari air hujan mengenai tubuh.

Baca juga: Supaya Tak Kehujanan Saat Bersepeda, Payung Under Cover Solusinya

Sehingga sebuah perusahaan yang berbasis di Jerman yakni RainRider menghadirkan sebuah gadget baru. RainRider menghadirkan Softtop yang dirancang untuk membantu pengendara sepeda tetap kering atau setidaknya lebih kering.

Dilansir KabarPenumpang.com dari newatlas.com (23/8/2021), Softtop ini terbuat dari kain poliester berlapos dan poliuretan tahan UV transparan. Berbentuk seperti payung tapi tidak melebar kesamping melainkan memanjang ke atas. Softtop sangat mudah dipasang ke sepeda karena mengunakan dudukan pelepas cepat di setang bersama dengan dua pengait di kedua kaki garpu.

Nantinya ini akan membuatnya membentuk cekungan yang tegang dengan satu set aluminium fleksibel dan batang serat karbon. Softtop dilengkapi dengan ventilasi jala, sehingga membantu mencegah berembun saat hari hujan.

Saat mengendarai sepeda, Softtop akan melindungi pengendara ketika hujan yang datang dari atas, depan dan samping. Hampir mirip dengan payung, Softtop bisa dilipat ke bawah dan ke belakang sepeda ketika pengendara memarkirkan sepeda untuk sementara.

Hal ini selain agar Softtop tidak tertiup angin saat diparkir, tetapi juga membuat sepeda tetap dalam keadaan kering. Namun, jika pengendera berhenti cukup lama, Softtop bisa dilepas, kemudian dilipat dan dimasukkan dalam tas seperti tempat matras yoga.

Baca juga: Musim Hujan Tiba, Mungkinkah Bakal Ada Ojek Payung Online?

Menurut RainRider, Softtop memiliki berat 1,5 kg dan tinggi 215 cm dengan lebar 40 cm. Softtop dijual saat ini seharga €129,95 atau sekitar Rp2,1 juta melalui situs web. Meski begitu, ini bukan produk pertama dari jenisnya, sebab sudah ada BikerTop yang serupa tetapi lebih pendek, LeafxPro dan Dryve.