Stasiun di India Punya Ruang Tunggu Megah yang Mampu Tampung 500 Penumpang

0
Ruang tunggu di Stasiun Patna Junction

Seringkali dianggap tak beraturan dan kumuh, ternyata India bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi penumpang keretanya. Hal ini terlihat kehadiran sebuah ruang tunggu terbesar di jalur milik Indian Railways tersebut.

Baca juga: Bajaj Masuk Peron di Stasiun India, Pengemudi Diamankan Petugas

Ruag tunggu yang dilengkapi dengan pendingin udara ini hadir di Stasiun Patna Junction yang merupakan stasiun kereta api tersibuk di Negara Bagian Bihar. Selain dilengkapi pendingin udara, KabarPenumpang.com melansir dari laman financialexpress.com (14/10/2019), daya untuk pendingin dan penerangan di ruang tunggu ini menggunakan energi surya.

Ruang tunggu tersebut mampu menampung 500 orang sekaligus dan bisa dinikmati semua penumpang kereta dari berbagai kelas ataupun kereta penumpang biasa. Ruang tunggu ini diresmikan oleh Menteri Kereta Api India Piyush Goyal dan menghadiahkannya kepada penumpang.

Direktur Stasiun Patna Junction, Nilesh Kumar mengatakan, ruang tunggu itu dibangun diatas lahan seluas 7500 meter persegi di stasiun persimpangan Patna. Tak hanya pendingin udara, ada tujuh televisi HD 65 inci dipasang untuk hiburan penumpang yang tengah menunggu kereta mereka.

Layar digital ini tak hanya untuk hiburan tetapi juga menghadirkan informasi penting terkait jadwal kereta, informasi platform dan lainnya. Televisi ini sendiri akan nyala sepanjang hari di ruang tunggu itu.

“Lampu LED terpasang di seluruh ruangan untuk penerangan dan ada titik pengisian daya ponsel serta laptop. WiFi gratis juga hadir untuk digunakan penumpang yang menunggu kereta di ruang tunggu,” jelas Kumar.

Bangku baja, furnitur, dan kipas langit-langit juga disediakan untuk kenyamanan serta kemudahan penumpang. Dinding ruang tunggu telah dihiasi dengan lukisan dan karya seni tradisional yang mewakili budaya rakyat setempat dan tradisi negara bagian Bihar.

Baca juga: Laksana Bandara Internasional, Ternyata ini Sebuah Stasiun di India

Lukisan-lukisan mencerminkan kegiatan Chhath Puja yang terkenal yang merupakan simbol dari perayaan meriah kota kuno. Dindingnya juga dihiasi dengan karya seni yang cerah dan berwarna-warni yang mencerminkan budaya Madhubani oleh seniman rakyat setempat. Selain itu, kebersihan ruang tunggu dirawat oleh staf stasiun sepanjang hari.

Leave a Reply