Stasiun Kereta New Delhi dan Mumbai Bakal Berstandar Kelas Dunia

0
Gambaran Stasiun New Delhi setelah di bangun kembali dengan standar kelas dunia (finnancialexpress.com)

India merupakan salah satu negara yang memiliki jaringan kereta api terbesar di dunia. Tak hanya itu karena destinasi yang menarik, India kemudian berbenah diri dengan memantaskan moda transportasinya yang banyak di gunakan yakni kereta.

Baca juga: Stasiun di India Punya Ruang Tunggu Megah yang Mampu Tampung 500 Penumpang

Hal tersebut terlihat di mana India tengah membangun beberapa stasiun di seluruh jaringan. Salah satunya adalah menjadikan Stasiun New Delhi dan Mumbai dengan standar kelas dunia.

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman financialexpress.com (9/3/2020), Menteri Perkeretaapian India, Piyush Goyal mengatakan kedua stasiun tersebut dibuat dengan standar kelas dunia untuk mengubah pengalaman penumpang. Adanya pembangunan ini, dewan kereta api India mengundang tawaran atau dilelang pada investor pada bulan April 2020 untuk membangun Stasiun New Delhi dan Mumbai.

VLK Yadav, ketua dewan kereta api mengatakan bahwa sistem modernisasi akan memberikan pendekatan terpadu untuk meningkatkan kapasitas ekosistem kereta api India melalui konektivitas jalur kereta api multi pelacakan di seluruh negara. Stasiun New Delhi direncanakan akan diubah dengan perkiraan biaya sekitar Rs6500 crore.

Nantinya stasiun-stasiun tersebut dalam pembangunannya juga akan dibuat jalan akses yang mirip dengan bandara. Fase pertama perbaikan meliputi pengembangan 110 hektar tanah. Di stasiun tersebut juga akan dibangun fasilitas lain. Bahkan concourse baru akan ditinggikan, perbaikan 16 platform dan pembangunan kembali bangunan stasiun yang sudah ada.

“Pembangunan kembali stasiun, targetnya adalah membangun tanpa menginvestasikan uang sumber dari pemerintah. Stasiun yang sedang dikembangkan dengan standar kelas dunia beberapa tawaran sudah diselesaikan dan tawaran atau lelang untuk pembangunan Stasiun New Delhi dan Mumbai pada April 2020,” kata Yadav.

Dia menambahkan, untuk mencapai target yang ditetapkan , prioritas proyek adalah elemen kuncinya sehingga sudah bisa mulai beroperasi dengan standar dunia pada 2022-2023. Faggan Zingh Kultase, menteri negara di kementerian baja mengatakan, bahwa jaringan kereta api India memainkan peran penting dalam pertumbuhan ekonomi dan perdagangan di seluruh negeri.

Dia menambahkan, kereta api India adalah jaringan terbesar kedua di dunia dan sektor ini menuju pengembangan dan pertumbuhan lebih lanjut. Sebagai bagian dari rencana kementerian perkeretaapian untuk membangun kembali stasiun dengan standar kelas dunia seperti bandara, akan ada kendaraan khusus (SPV) yang sudah dipercayakan dengan tugas ini.

Baca juga: Laksana Bandara Internasional, Ternyata ini Sebuah Stasiun di India

IRSDC atau perusahaan pengembangan stasiun kereta api India adalah SPV yang bertanggung jawab untuk membangun kembali stasiun dalam hal ini dan beberapa diantaranya dalam perubahan infrastrukur besar. Diketahui, beberapa stasiun dijadwalkan akan dibangun kembali dengan partisipasi sektor swasta. Stasiun Habubganj dan Gandhinagar akan menjadi stasiu kereta api India pertama yang memiliki fasilitas seperti di bandara untuk kenyamanan penumpang.

Leave a Reply