Stasiun Meadowbank di Edinburgh Dibangun untuk Commonwealth Games dan Kini Terbengkalai

0
Jalur ini ditutup pada tahun 1998, dengan hanya sebagian kecil yang tersisa. Foto: edinburghlive

Beberapa negara di dunia, mungkin memiliki sebuah stasiun kereta api yang dibangun khusus hanya untuk sebuah perhelatan dan digunakan untuk membantu pengunjung lebih mudah tiba ditempat itu. Namun, biasanya setelah perhelatan, stasiun itu terbengkalai dan tak jarang relnya pun sudah tidak ada.

Baca juga: Tanggula, Stasiun Terbengkalai di Atas Awan

Salah satu stasiun tersebut ada di Edinburgh, Skotlandia yakni stasiun kereta api Meadowbank. Dilansir KabarPenumpang.com dari edinburghlive.co.uk (13/10/2021), stasiun tersebut dibangun untuk mendukung penonton yang menghadiri pertandingan.

Jadi, bisa dikatakan stasiun yang dibangun tahun 1986 itu adalah jalur kereta api yang dibangun khusus dan beroperasi sebagai shuttle dari Edinburgh Waverley. Stasiun Meadowbank dibangun dalam satu jalur dan menghubungkan area terdekat seperti Abbeyhill dan Lochend.

Usai pertandingan pun, stasiun dan jalur ini masih sering digunakan sesekali untuk beberapa acara. Namun kemudian ditutup tahun 1998 dan sejak saat itu, jalur ini tak lagi aktif. Meski tak lagi aktif, jalur kereta api ini masih terlihat dari beberapa titik pandang dan jembatan di daerah itu.

Tetapi ada beberapa rel yang paling dekat dengan peron sudah diangkat. Selain itu, jalur yang menghubungkan Abbeyhill menuju ke Waverley pun telah dicabut. Namun, kereta masih bisa mengaksesnya dari Piershill Junction.

Rel tak hanya diangkat, bahkan sisanya kini ditumbuhi oleh tanaman dan rumput liar. Walaupun begitu, rel yang tersisa, kini menjadi pengingat akan sepenggal sejarah bagi penduduk lokal di kawasan Meadowbank.

Untuk diketahui, pada masa jayanya, jalur dibuat untuk mengubungkan orang dalam rangka menghadiri Commonwealth Games itu sangat populer. Sehingga pada saat pucaknya, kereta kedua digunakan dan frekuensi perjalanan semakin tinggi.

Meski jalur tak lagi beroperasi, Stadion Meadowbank dalam renovasi total dengan pekerjaan yang sedang dilakukan adalah pembuatan tempat gym, ruang permainan, listasan lari luar ruangan dan kafe. Pekerjaan itu dimulai tahun 2018 tetapi karena pandemi, pekerjaan telah dihentikan beberapa kali dan tanggal pembukaan resmi saat ini tidak diketahui.

Baca juga: Ini Dia Deretan Stasiun Unik yang Terbengkalai dari Seluruh Penjuru Dunia

Selain itu, Edinburgh City FC juga akan kembali ke Stadion Meadowbank untuk menjadi tuan rumah pertandingan kandang mereka setelah absen selama empat tahun. Klub juga telah berdiskusi dengan Dewan Edinburgh untuk memasukkan area duduk dan berdiri yang aman yang dapat menampung hingga 1500 penggemar.