Survei IHG: 77 Persen Pelancong Tidak Mengenal ‘Warna Sejati’ Destinasi Tujuan Wisata!

0
Sumber: Istimewa

Bagi Anda semua yang hobi berjalan-jalan ke luar negeri, mengunjungi beragam destinasi wisata favorit seyogyanya sudah menjadi satu agenda wajib yang sayang jika dilewatkan. Sebut saja Bangkok dengan Wat Arun-nya, Paris dengan Menara Eiffel-nya, hingga Roma dengan Colosseum-nya. Namun tahukah Anda bahwa sebuah survei yang dilakukan oleh InterContinental Hotels Group (IHG) menyebutkan ada lebih dari tiga perempat (77 persen) pelancong yang merasa wajib untuk mengunjungi destinasi wisata populer – dimana 75 persen diantaranya menginginkan pengalaman lebih dari sekedar mengunjungi destinasi tersebut.

Baca Juga: Inilah Tips Beli Tiket Liburan Nataru 2019 versi Ditjen Hubud

Ya, liburan ke suatu destinasi memang tidak melulu untuk mengunjungi objek wisata terpopulernya saja. Ada banyak kearifan lokal dari setiap destinasi yang juga akan menambah pengalaman Anda mengunjungi suatu daerah. Masih bersumber dari survei yang sama, dari tujuh kota besar yang menjadi responden, sebanyak 59 persen penduduk lokal merasa bahwa pelancong tidak mengetahui tentang ‘warna sejati’ dari destinasi yang mereka kunjungi. Sebagai informasi tambahan, tujuh kota yang menjadi responden dalam survei ini adalah: London, New York, Paris, Shanghai, Dubai, Sydney, dan Meksiko.

Maksud dari ‘warna sejati’ di atas adalah kearifan lokal yang ada di kota terkait. Sebagai contoh, warna sejati Jakarta adalah kerak telor, macet, dan gedung-gedung tinggi.

Dari cabang survei lainnya, didapatkan pula data bahwa sebesar 75 persen luxury travelers ingin merasakan pengalaman dimana penduduk lokal di kota terkait memiliki informasi lengkap seputar destinasi tersebut, seperti tempat-tempat ataupun aktifitas lokal unik yang bisa dilakukan oleh para pelancong.

Tentu saja data yang terpapar di atas patut dijadikan renungan – yang kemudian ditindak lanjuti oleh masing-masing eksekutif terkait, guna meningkatkan devisa negara via jalur pariwisata. Melihat celah ini, IHG meluncurkan campaign bertajuk InterContinental Icons, dimana tujuannya adalah untuk menginspirasi dan mengajak para wisatawan untuk menemukan kembali hal-hal yang membuat setiap kota benar-benar menarik.

Baca Juga: Liburan di Bangkok? Ini Tips dari Tourism Authority of Thailand Biar Tak Salah Arah!

Selain itu, InterContinental juga mengajak publik untuk memilih pemandangan, suara, rasa, aroma, dan suasana yang menjadi sebuah ikon dari masing-masing kota melalui pemungutan suara online. Dari pilihan-pilihan yang diberikan di masing-masing kota, diharapkan wisatawan bisa menemukan keaslian dari kota tersebut ketika mereka berkunjung. Selain melakukan voting online, InterContinental juga mengajak publik untuk berdiskusi di sosial media dengan menggunakan tagar #intercontinentalicons.

Jadi, sudah siap untuk menghabiskan libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 dengan kearifan lokal yang ada di setiap kota?

Leave a Reply