Susul Singapore Airlines, Qatar Airways Luncurkan Menu Vegetarian

0
Sajian vegan Qatar Airways. Foto: Qatar Airways

Qatar Airways belum lama ini mulai menghidangkan rangkaian menu à la carte vegan pertamanya untuk penumpang kelas bisnis di semua rute. Selain untuk memenuhi tingginya permintaan akan makanan berbahan dasar nabati, hidangan vegan (vegetarian) dalam menu à la carte itu juga ditujukan untuk memperluas khazanah kuliner para penumpang.

Baca juga: Ada Sajian Sate Vegetarian di Restoran A380 Singapore Airlines, Segini Harganya

Dari rilis resmi perusahaan yang diterima redaksi KabarPenumpang.com, hidangan vegan yang ditawarkan Qatar Airways termasuk moutabel asap, lukini spiral dan saus arrabbiata, tortellini tahu dan bayam, tahu barbekyu Asia, mie, daun bawang dan shiitake, tahu goreng dengan tajine sayuran, couscous kembang kol dan kalamata bruschetta, dan omelet tepung kacang arab.

Semua bahan-bahan makanan itu menggunakan campuran lokal dan internasional dengan tetap mempertahankan standar halal khas maskapai peraih predikat maskapai penerbangan terbaik di dunia tahun 2019 versi Skytrax ini. Tak hanya menonjolkan segi cita rasa, rangkaian hidangan vegan Qatar Airways juga didesain agar tetap ramah lingkungan serta berkelanjutan.

Seluruh pelanggan kelas bisnis maskapai sudah bisa mencicipi menu vegan tersebut di setiap keberangkatan dari Bandara Internasional Hamad, serta sejumlah penerbangan tertentu menuju Doha, Qatar. Namun tak disebutkan dengan rinci penerbangan tertentu yang dimaksud. Entah khusus penerbangan Asia-Doha, atau penerbangan lainnya. Bila penerbangan Asia-Doha yang dimaksud, tentu sebuah kabar baik untuk pelanggan setia Qatar Airways di Indonesia.

Pasalnya, sejak 1 Juli lalu, maskapai pemegang penghargaan ‘Kelas Bisnis Terbaik di Dunia’ dan ‘Kursi Kelas Bisnis Terbaik’ ini sudah mulai melayani rute Doha – Denpasar. Layanan penerbangan Doha – Denpasar dibuka setiap hari. Penerbangan langsung jarak jauh ini menggunakan jenis pesawat Boeing 787-800 Dreamliner dengan konfigurasi 22 kursi flatbed di kelas bisnis dan 232 kursi di kelas ekonomi.

Atas terobosan hidangan vegan pertama maskapai dalam menu à la carte, CEO Qatar Airways Group, Akbar Al Baker, mengatakan, “Kami selalu berusaha memberikan pengalaman yang autentik, juga memanjakan pelanggan selagi terbang bersama kami. Kami dengan senang hati menambahkan pilihan hidangan utama vegan ke dalam menu penerbangan kami, menawarkan pilihan gaya hidup lain bagi penumpang dan memberikan ekspektasi berbeda dari sebuah maskapai bintang lima.”

Selain menyediakan menu vegan, maskapai yang belum lama ini memberikan 21 ribu tiket gratis untuk para guru ini juga menawarkan sajian khusus bagi penumpang tertentu. Menu khusus ini dapat dipesan hingga 24 jam sebelum keberangkatan.

Baca juga: Qatar Airways Kembali Layani Penerbangan Setiap Hari ke Denpasar dan Jakarta

Sajian khusus yang dimaksud seperti menu untuk penumpang anak-anak, makanan vegetarian atau makanan yang bahan dasarnya tidak termasuk dalam bahan-bahan yang dilarang oleh agama atau kepercayaan tertentu (religious meal), dan makanan untuk menunjang kebutuhan medis atau kesehatan.

Qatar Airways tentu bukan yang pertama di dunia. Sebelumnya, Singapore Airlines sudah lebih dahulu meluncurkan menu vegetarian atau berbahan dasar nabati untuk para pelanggan setianya.

Leave a Reply