Tahun 2026, Rusia Akan Punya Kereta dengan Kecepatan 400 Km Per Jam

0
(globalconstructionreview.com)

Rusia mulai kembali mengembangkan kereta api berkecepatan tinggi yang nantinya akan menghubungkan kota-kota besar di negara tersebut. Kereta ini digadang-gadang akan mampu melaju dengan kecepatan hingga 400 km per jam.

Baca juga: Beijing-Guangzhou High-Speed Line, Jaringan Kereta Cepat yang Dioperasikan Dua Operator

Untuk mengembangkan kereta berkecepatan tinggi ini, pihak Russian Railways, Pusat Teknik untuk Transportasi Kereta Api dan Knorr-Bremse membentuk kemitraan. Kemitraan ketiganya ini diumumkan pada 25 Juni 2020 yang akan mencakup penyediaan jasa teknik, konsultasi, desain, pengembangan dokumentasi operasional dan perbaikan untuk rolling stok berkecepatan tinggi.

Diketahui, pembuatan kereta api berkecepatan tinggi ini akan di produksi di Rusia. Dilansir KabarPenumpang.com dari laman railwaygazette.com (25/6/2020), pusat inovasi rekayasa rolling stock ECRT sendiri baru didirikan pada tahun lalu oleh RZD, Sinara transport dan Siemens Mobility. Tujuannya adalah untuk mengembangkan trainset yang akan mampu melaju dengan kecepatan tinggi hingga 400 km per jam.

Dengan adanya kemitraan ini diperkirakan kereta berkecepatan sangat tinggi pertama akan mulai beroperasi pada tahun 2026 mendatang. Dalam pembuatan kereta berkecepatan tinggi tersebut, Knorr-Bremse akan menghadirkan pengalaman mereka tentang subsistem rolling stock untuk membantu menentukan spesifikasi teknis untuk trainset masa depan.

Diketahui Knorr-Bremse memasok subsistem untuk 16 traps Sapsan dari Siemens Mobility Velaro yang saat ini mengoperasikan layanan dari Moskow ke St Pertsburg dan Nizhny Novgorod dengan kecepatan hingga 250 km per jam dan 13 trainset lainnya tengah dalam pemesanan.

“Kami berharap dapat membantu membuat konsep kereta Rusia berkecepatan sangat tinggi di masa depan, sehingga membantu menyediakan koneksi kereta yang lebih baik kepada orang-orang,” kata Harald Schneider, anggota dewan manajemen Sistem Kendaraan Knorr-Bremse Rail yang bertanggung jawab untuk kegiatan di CIS.

Dalam jangka panjang, Schneider mengatakan, pihaknya juga akan bekerja dengan mitra kami untuk mengkomersilkan generasi berikutnya ini dengan menempatkannya untuk area ukuran rel 1520 mm.

Baca juga: Hilangkan Kursi Tengah di Kereta Berkecepatan Tinggi, Texas Train Berharap Beroperasi di 2026

Sergey Kobzev, Wakil Direktur Umum & Kepala Insinyur Kereta Api Rusia, mengatakan RZD dan Knorr-Bremse telah berhasil bekerja sama selama bertahun-tahun, dan penandatanganan perjanjian ini tidak diragukan lagi akan berkontribusi pada pengembangan layanan kereta cepat di Federasi Rusia.

Leave a Reply