Tak Kalah Beresiko dengan Pilot, Namun Gaji Masinis Terpaut Jauh, Yuk Simak Rinciannya!

0
Masinis uji coba dengan simulator (YouTube)

Ketika pilot memiliki gaji yang fantastis, bagaimana dengan gaji masinis kereta api yang juga sama-sama mengangkut penumpang banyak? Sepertinya tak sama dengan pilot bahkan lebih sedikit meski banyak tunjangan yang didapatkan para masinis. Nah penasaran dengan gaji para masinis kereta api di Indonesia? KabarPenumpang.com merangkum dari berbagai laman sumber, kenyataannya gaji masinis bisa mencapai Rp12 juta per bulannya.

Baca juga: (1) Hidup Bak ‘Raja’, Inilah Rincian Umum Sistem Gaji Pilot! Pantas Saja Bergelimang Harta

Angka Rp12 juta ini dikatakan cukup tinggi dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Edi Sukmoro ketika masih menjadi Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengatakan, dulunya gaji seorang masinis paling tinggi hanya menyentuh tiga juta rupiah per bulannya.

Bahkan dia menyebutkan untuk rincian gajinya tak jauh berbeda dengan rincian gaji pegawai negeri sipil (PNS) pada umumnya. Dimana mereka diberi tunjangan istri dan dua anak yang mencapai sepuluh persen dari gaji pokok.

Bila mengikuti PNS, maka dengan pendidikan setingkat SMA akan mendapat tunjangan Rp200 ribu dan Sarjana (S1) sebanyak Rp600 ribu per bulannya. Dengan penghasilan seperti ini, juga diimbangi dengan tanggung jawab yang besar karena bertugas sebagai pengemudi kereta yang membawa banyak penumpang.

Selain tunjangan pendidikan, ternyata juga ada tunjangan untuk mencover risiko spesial sebanyak satu juta rupuah setiap bulan. Mereka juga mendapat tunjangan prestasi kerja, uang jaminan premi awak kereta api, tunjangan tempat tinggal hingga transportasi.

Meski terbilang lebih kecil dari pilot, para masinis ini akan menerima 15 kali pembayaran untuk setahun yang termasuk juga adanya tunjangan hari raya dan bonus hari ulang tahun sebanyak 100 persen gaji dan penambahan fasilitas uang pensiun.

Hal yang paling utama untuk menjadi seorang masinis adalah kesehatan fisik dan mental. Seorang masinis tentunya harus memiliki konsentrasi 100 persen setiap mengemudikan kereta api. Itu sebabnya dibutuhkan kekuatan fisik yang tinggi.

Setelah semuanya lolos, Anda akan masuk ke pelatihan masinis selama satu tahun. Setelah itu, Anda belum langsung memegang kendali kereta api. Anda akan diposisikan dulu sebagai masinis muda. Kinerja Anda di posisi tersebut akan dipantau selama 2 tahun masa bakti.

Baca juga: (2) Hidup Bak ‘Sultan,’ Inilah Rincian Umum Sistem Gaji Pilot! Pantas Saja Bergelimang Harta

Lepas fase tersebut, Anda akan diangkat sebagai asisten masinis. Dibutuhkan waktu sekitar enam bulan sampai satu tahun Anda menjadi wakil masinis, baru akhirnya Anda akan secara resmi menjadi masinis utama atau masinis senior.

Leave a Reply