Tak Semua Penumpang Mudah Tidur di Pesawat, Ini Sepertinya Bisa Membantu!

0

Ketika dalam penerbangan jarak jauh, tidur di dalam pesawat bisa menjadi salah satu pilihan sembari pesawat tiba di tujuan. Bahkan berbagai benda seperti headset untuk mendengarkan lagu, bantal hingga penutup mata pun digunakan untuk membantu tidur.

Baca juga: Tips – Mau Tidur di Pesawat, Jangan Turunkan Tirai Jendelanya!

Tapi sayangnya ini tidak berlaku bagi semua penumpang, sebab banyak juga yang sulit tidur saat dalam penerbangan. Apalagi ketika waktu tempuh lama dan duduk di kursi kelas ekonomi.

Dirangkum KabarPenumpang.com dari forbes.com (23/11/2019), ternyata pelancong udara sebanyak 61 persen mengalami sulit tidur dalam penerbangan mereka. Juru bicara The Sleep Judge Haley Green mengatakan, dengan mencondongkan tubuh ke depan adalah cara terbaik untuk sedikit menutup mata.

“Membungkuk ke depan di atas meja baki adalah posisi paling terbaik untuk memaksimalkan istirahat. Sedangkan bersadar ke samping adalah posisi terburuk,” ujar juru bicara itu.

Untuk kenyamanan tidur dalam penerbangan pun penumpang tidak disarankan untuk menggunakan celana berbahan jeans, sebab ketika duduk akan menekan perut. Gunakan juga baju yang longgar dan nyaman serta tak lupa menggunakan jaket atau pakaian lengan panjang karena udara dingin dalam kabin.

“Gunakan kaos kaki dan celana panjang ketika terbang dengan pesawat, ini bisa membuat Anda nyaman dalam penerbangan,” kata CEO Happysleepyhead.com John Breese.

Minum air putih yang cukup bisa membuat perasaan tenang dan tidur pun lelap, sebab bila terlalu banyak minum, Anda bukan tenang untuk beristirahat tetapi bergerak bolak balik ke toilet. Sebenarnya alkohol juga bisa membantu tidur dalam jangka pendek, namun ternyata bisa benar-benar mengacaukan siklus tidur.

Sehingga bisa dikatakan alkohol tak disarankan untuk penumpang dalam perjalanan jarak jauh. Satu hal lagi yakni kursi terbaik ketika ingin tidur di pesawat adalah dekat jendela.

“Kursi jendela adalah pilihan terbaik, karena kamu bisa bersandar di dinding dan membiarkan tubuhmu lebih rileks. Ditambah lagi, kamu tidak harus bangun ketika tetanggamu ingin ke toilet,” kata Breese.

Kursi nyaman kedua yakni di tengah dan lebih baik hindari kursi dekat lorong. Karena ketika di lorong Anda tidak bisa bersandar, sedangkan kursi dekat jendela kepala bisa bersandar dan kursi tengah pun lebih menguntungkan.

Baca juga: Jangan Lupa, Ada Aturannya Saat Turunkan Sandaran Kursi Pesawat

Tapi, sepertinya bagi orang yang punya julukan pelor alias nempel molor, hal ini bisa saja tidak berlaku. Karena nempel sedikit dengan bagian kursi empuk dengan posisi di mana pun pasti akan tidur. Adakah yang pelor disini?

Leave a Reply