Tanaman Vertikal di Botol Plastik Bekas, Percantik Stasiun Ludhiana

Tanaman vertikan yang menghiasi dinding Stasiun Ludhiana (Times of India)

Idenya relatif sederhana, tapi India menghadirkan terobosan baru di stasiunnya dengan menggunakan sampah botol plastik untuk mempercantik stasiunnya. Salah satunya adalah Stasiun Ludhiana yang menjadi stasiun kereta api pertama di India yang menghadirkan tanaman vertikal.

Baca juga: Lukisan Dinding Ramaikan 100 Stasiun di India

KabarPenumpang.com melansir dari laman timesofindia.indiatimes.com (25/7/2018), adanya inisiatif untuk tanaman vertikal tersebut merupakan pikiran bersama dari departemen Pajak Pendapatan, Ludhiana dan divisi Ferozepur Perkeretaapian India. Pada tahap awal proyek tersebut akan hadir lebih dari dua ribu limbah botol plastik yang akan di isi dengan berbagai varietas tanaman.

Tanaman-tanaman ini di tempatkan pada dinding platform nomor 1 Stasiun Ludhiana. Uniknya, semua botol berisikan tanaman tersebut terhubung dengan sistem irigasi tetes yang canggih dimana mengeluarkan jumlah air sesuai dengan yang di butuhkan botol tersebut melaui pengaturan waktu.

Menurut otoritas kereta api India, pemasangan taman vertikal ini mengurangi jumlah masyarakat yang meludahkan masala dan gutkha di dinding platform. Kepala komisi pajak pendapatan Binay K Jha mengatakan, tanaman vertikal yang terpasang di stasiun kereta api merupakan proyek yang istimewa bagi pihaknya.

“Pada tahun lalu persis di kesempatan Hari Pajak Penghasilan 2017, kami telah meluncurkan kampanye plastik hijau dari kantor kami di Rishi Nagar dengan memulai pekerjaan membuat kebun vertikal pertama yang menggunakan botol plastik bekas. Sekarang stasiun kereta api Ludhiana telah menjadi stasiun kereta api pertama di negara ini yang mendapatkan tanaman vertikan tersebut,” ujar Jha.

Sedangkan manajer divisi kereta api Ferozepur Vivek Kumar mengatakan, ini merupakan proyek luar biasa dan pihaknya berterima kasih atas saran dan upaya kepada pejabat teknologi informatika untuk mendapatkan tanaman ini.

“Kami juga akan mereplikasi proyek ini di stasiun dan situs lain untuk menyebarkan tanaman hijau sejauh mungkin,” ujar Kumar.

Baca juga: Hadapi Musim Kemarau, Stasiun di India Gunakan Kondensasi Untuk Pasokan Air

Di bawah inisiatif plastik hijau, sejauh ini 2,50 lakh botol plastik limbah telah digunakan untuk menanam sejumlah tanaman yang sama di berbagai bagian Punjab. Beberapa landmark utama di mana proyek telah dimulai termasuk kantor departemen IT di Rishi Nagar, gurdwara terbesar Ludhiana, Sri Dukh Niwaran Sahib, dan ratusan sekolah pemerintah dan swasta di kota.

Departemen IT juga menandai layanan e-rickshaw gratis pada hari Selasa untuk memperingati Hari Pajak Penghasilan. Layanan ini akan mengirimkan penilai pajak penghasilan dari Sekretariat Sipil ke kantor Rishi Nagar.